Buku Baru: Capacity Building dan Masyarakat Desa

Capacity Building dan Masyarakat Desa

Salah satu agenda dalam pembangunan internasional adalah Sustainable Development Goals (SDGs).  Semua negara diharapkan mampu mencapai target yang telah ditentukan dalam SDGs dengan tenggat waktu sampai tahun 2030. Namun, persoalan di lapangan menunjukkan bahwa target tersebut nampaknya akan sulit tercapai mengingat banyak hal teknis yang mempengaruhi tingkat capaian. Sehingga, yang menjadi solusi saat ini adalah bagaimana meminimalkan resiko dan di saat yang sama meningkatkan capaian. 

Di Indonesia, tujuan SDGs nomor 6 yaitu terkait air dan sanitasi telah mendapat perhatian yang serius dari pemerintah. Terlebih, pemerintah Indonesia mendapatkan bantuan teknis dari pemerintah Amerika Serikat melalui program IUWASH. Singkatnya, program ini menjadi pilar utama dalam upaya pencapaian target di tahun 2030. Sebagai penopang, IUWASH menggunakan strategi capacity building di salah satu lokasi program yaitu di Kabupaten Malang. 

Antara tahun 2020-2022, IUWASH telah menampakkan hasil yang baik. Masyarakat telah memahami perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), terdapat peningkatan peran perempuan dalam pengambilan keputusan serta pembangunan saran dan prasaran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang kesemuanya mengarah pada perbaikan kesehatan masyarakat. Tetapi, buku ini tidak hanya memberikan narasi tentang keberhasilan program, tapi tentang strategi capacity building yang pada akhirnya berhasil memunculkan elite baru di desa. 

Dalam pembangunan internasional, munculnya elite baru sebagai “unintended consequences” dari sebuah progam perlu dimaknai sebagai titik awal perdebatan tentang apakah program dirancang sebagai solusi praktis persoalan pembangunan ataukah sebagai media di mana tujuan sebenarnya disisipkan.


Judul buku : Capacity Building dan Masyarakat Desa
Penulis : Anggun Trisnanto dkk.
Kategori : Ilmu Hubungan Internasional | Capacity Building
Tahun terbit : 2024
Jumlah halaman : i—x+191
Dimensi buku : 15.5 x 23.5 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih
ISBN elektronik :
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai