Buku Baru: Keuangan Personal: Perencanaan Investasi dan Pajak

Keuangan Personal

Pengeloaan keuangan seseorang ditunjukkan dengan perilaku dalam membelanjakan uangnya. Banyak pengeluaran yang dilakukan tidak secara bijaksana, yaitu tidak pada need melainkan  lebih banyak didasarkan pada want sehingga pendapatan yang diterima seseorang lebih banyak dialokasikan untuk komsumsi dan kurang memperhatikan tabungan, investasi, dan asuransi untuk persiapan  kehidupan di masa mendatang. Selain itu, perilaku hedonisme juga berdampak pada munculnya masalah keuangan dalam kehidupan seseorang sehingga financial trade-offnya condong kepada pengeluaran lebih banyak untuk konsumsi yang memberi kebahagiaan sesat dibandingkan dengan kesejahteraan di kemudian hari.

Strategi mengelola uang juga penting untuk dilakukan  seseorang dan menjadi bagian yang dibahas dalam buku ini. Target dari materi ini adalah diketahuinya kekayaan bersih seseorang dan hasilnya dapat menjadi bahan evaluasi dalam pengeluaran uang. Untuk itu, dalam buku ini dibahas tentang penyusunan  laporan keuangan personal dan arus kas, seperti Neraca Personal, Laporan Arus Kas Personal, dan Anggaran Kas Personal.

Buku ini menjadi dasar dalam menyusun perencanaan keuangan personal terutama dalam pemilihan instrumen investasi atau tabungan. Instrumen investasi ini dapat berupa aset fisik seperti, tanah, rumah, real estate lainnya, logam mulia, permata, dan barang-barang koleksi yang mempunyai nilai tinggi; dan  aset nonfisik/keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana.  Pemilihan instrumen investasi ini dipengaruhi oleh profil risiko seseorang. Profil risiko  (sangat konservatif, konservatif, moderat, dan agresif) yang dimiliki seseorang ini  kemudian mengarahkan seseorang untuk memilih portofolio investasinya.

Terbitnya buku Keuangan Personal: Perencanaan Investasi dan  Pajak ini sangat  dibutuhkan oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta masyarakat  yang berminat untuk berinvestasi di instrumen keuangan dan mengisi kekosongan literatur terutama dalam edisi Bahasa Indonesia yang sangat dibutuhkan. Guna melengkapi pemahaman dalam berinvestasi, buku ini juga dilengkapi dengan pembahasan pajak sesuai dengan jenis istrumen keuangan yang dipilih.

Buku Keuangan Personal: Perencanaan Investasi dan  Pajak ini disusun dan ditulis dengan bahasa yang mudah dipahami, lengkap, disajikan secara jelas, dan mudah dipahami karena disertai contoh-contoh yang sangat jelas dan latihan-latihan yang diberikan baik kualitatif maupun kuantitatif.  Terbitnya buku ini akan menambah khazanah ilmu pengetahuan dan menjadi referensi yang sangat berguna di bidang keuangan khususnya keuangan personal.


Judul buku : Keuangan Personal: Perencanaan Investasi dan Pajak
Penulis : Nur Khusniyah Indrawati dkk.
Kategori : Ekonomi dan Bisnis
Tahun terbit : 2023
Jumlah halaman : i—xx + 268
Dimensi buku : 16 x 24 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik : 978-623-296-737-3
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai