Buku Baru: Pengembangan Produk Pangan: Rancangan Penelitian dan Aplikasinya

Pengembangan Produk Pangan

Perubahan gaya hidup masyarakat sangat berpengaruh pada perubahan selera konsumen terhadap pemilihan produk. Makin berkembangnya teknologi dan semakin ketatnya persaingan global membuat produsen harus mampu menyusun strategi untuk memenuhi kepuasan konsumen, salah satunya melalui pengembangan produk. Pengembangan produk merupakan strategi dan proses yang dilakukan dalam menghasilkan produk baru, baik memperbaiki produk lama atau memperbanyak kegunaan produk ke segmen pasar yang ada dengan asumsi pelanggan menginginkan unsur-unsur baru mengenai produk. Salah satu pengembangan produk yang tidak dapat dihindari adalah pengembangan produk di bidang pangan.

Pengembangan produk pangan didefinisikan sebagai strategi dalam menciptakan produk pangan baru.  Dimana arah pengembangan produk pangan sangat beragam yang didasarkan pada berbagai faktor, seperti ketersediaan sumber daya alam yang melimpah, pemanfaatan limbah, serta preferensi konsumen. Perubahan selera konsumen juga sangat berpengaruh terhadap pemilihan makanan yang saat ini mengarah ke berbagai jenis makanan dengan tujuan spesifik, seperti pangan fungsional, pangan halal, pangan vegetarian, pangan darurat, serta berbagai inovasi pangan yang ditujukan untuk sasaran dengan kondisi khusus seperti pangan untuk ibu hamil, pangan untuk balita stunting, pangan untuk penderita diabetes, dan lain sebagainya.

Pengembangan produk pangan tentu bukan merupakan hal yang mudah. Proses pengembangan produk untuk setiap jenis produk pangan akan berbeda tergantung tingkat kompleksitas produk, tujuan pengembangan produk, sasaran produk, dan berbagai faktor lain yang harus dipertimbangkan dalam suksesnya sebuah pengembangan produk pangan. Oleh karena itu, buku “Pengembangan Produk Pangan, Rancangan Penelitian dan Aplikasinya” ini ditujukan untuk memberikan referensi tambahan bagi para peneliti, termasuk mahasiswa gizi dan teknologi pangan yang sedang dalam penyusunan tugas akhir berkaitan dengan pengembangan produk pangan. Buku ini akan memberikan panduan dasar terkait berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan  dalam proses pengembangan produk pangan. Buku ini terdiri atas 6 bab yang terdiri atas (1) Pengantar Pengembangan Produk Pangan, (2) Sistematika Pengembangan Produk Pangan, (3) Rancangan Penelitian Pengembangan Produk Pangan, (4) Uji Daya Terima Produk dan Penentuan Perlakuan Terbaik, (5) Tren Pengembangan Produk Pangan, dan (6) Merancang Pengembangan Produk Pangan: Studi Kasus.


Judul buku : Pengembangan Produk Pangan: Rancangan Penelitian dan Aplikasinya
Penulis : Adelya Desi Kurniawati
Kategori : Teknologi Pertanian
Tahun terbit : 2023
Jumlah halaman : i—xii+118
Dimensi buku : 16 x 24 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik :
Tautan pembelian :