Buku Baru: Rekayasa Jaringan (Tissue Engineering)

Rekayasa Jaringan (Tissue Engineering) adalah aplikasi prinsip biologi, kimia dan teknik untuk perbaikan, pemulihan, atau regenerasi jaringan tubuh menggunakan biomaterial, sel, dan faktor pendukung baik secara sendiri maupun kombinasi. Aplikasi ini memberikan manfaat yang menjanjikan di masa depan sebagai pengobatan penyakit degeneratif seperti gangguan jantung, ginjal, kulit dan lain-lain. Rekayasa jaringan ini terdiri atas sel, biomaterial, dan growth factor. Buku ini menjelaskan berkaitan pendahuluan rekayasa jaringan meliputi sejarah tissue engineering, pusat tissue engineering dunia, dan prinsip tissue engineering. Selanjutnya buku ini menjelaskan secara detail terkait masing-masing komponen penyusun rekayasa jaringan meliputi stem cell, biomaterial, dan growth factor.

Kelebihan buku ini adalah dijelaskan pula berkaitan metode pembuatan rekayasa jaringan seperti metode bottom up dan top down. Teknologi ini telah membuka peluang bahwa jaringan atau organ dapat dicetak di luar tubuh sesuai kebutuhan spesifik masing-masing pasien. Oleh karena itu, metode bottom up terkait erat dengan personalized medicine.

Buku ini juga memberikan contoh rekayasa jaringan pada jaringan keras (hard tissue engineering) seperti rekayasa jaringan tulang, gigi, dan pin tulang biodegradable. Selain itu, juga memberikan contoh pembuatan rekayasa jaringan lunak (soft tissue engineering) seperti rekayasa jaringan kulit, saraf, kartilago, jantung dan pembuluh darah. Berdasarkan potensi rekayasa jaringan dalam menjawab kebutuhan jaringan cangkok masa depan di tingkat global sebagai pengobatan regeneratif (regenerative medicine), maka banyak komunitas keilmuan internasional yang terkait tissue engineering dan banyak industri kesehatan bidang tissue engineering secara global.


 

Judul buku : Rekayasa Jaringan (Tissue Engineering)
Penulis : Fajar Shodiq Permata dkk.
Kategori : Kedokteran
Tahun terbit : 2023
Jumlah halaman : i-xv + 293
Dimensi buku : 16 x 24 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik : 978-623-296-802-8
Tautan pembelian : Link Pembelian Buku

Mungkin Anda juga menyukai