Buku Baru: Analisis Data Kualitatif Menggunakan Metode Statistika Nonparametrik: Aplikasi Software R Open Source

Analisis Data Kualitatif Menggunakan Metode Statistika Nonparametrik: Aplikasi Software R Open Source

Metode statistika dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu metode statistika parametrik dan nonparametrik. Statistika parametrik berfokus pada estimasi parameter dan pengujian hipotesis dari distribusi normal. Oleh karena itu, dalam statistika parametrik, penting untuk memastikan bahwa data memenuhi asumsi normalitas, yang berarti data tersebar secara normal. Di sisi lain, statistika nonparametrik digunakan ketika data tidak memenuhi asumsi normalitas. Dalam analisis statistika nonparametrik, tidak terlibat estimasi parameter, tetapi fokus langsung pada pengujian hipotesis.

Berdasarkan skala ukurnya data dapat dibedakan menjadi empat yaitu data nominal, ordinal, interval dan rasio. Pada skala data nominal dan ordinal data harus diubah menjadi numerik dengan cara pemberian skor (scoring) karena pada skala data tersebut bersifat kualitatif (nonmetrik). Skala data nominal dan ordinal memiliki sifat yang sama yaitu data yang bersifat kategorikal dan tidak semua metode perhitungan statistika dapat diterapkan pada keduanya. Pada skala yang bersifat kategorikal, hanya operasi penghitungan frekuensi atau proporsi yang dapat dilakukan. Sedangkan pada skala interval dan rasio termasuk dalam data kuantitatif (metrik). Skala data tersebut dapat dilakukan semua operasi perhitungan dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, serta perhitungan statistik seperti rata-rata, median, modus, deviasi standar, dan lain sebagainya.

Dari penjelasan sebelumnya tentang skala data, dapat disimpulkan bahwa data nominal dan ordinal termasuk dalam kategori diskrit, sehingga analisis statistika nonparametrik lebih cocok untuk kedua jenis data tersebut. Hal ini karena distribusi normal umumnya berlaku untuk data yang bersifat kontinyu. Sebaliknya, data interval dan ratio memiliki kemungkinan untuk memenuhi asumsi normalitas, sehingga dapat dianalisis menggunakan metode statistika parametrik.

Dalam praktiknya, penggunaan statistika nonparametrik dianggap penting, terutama ketika data yang tersedia bersifat kategorikal (nominal dan/atau ordinal). Meskipun demikian, terdapat beberapa kelemahan dalam menggunakan metode nonparametrik, seperti (a) jika data memenuhi asumsi model statistik parametrik, penggunaan tes statistik nonparametrik dapat menghasilkan dispersi data; (b) kurangnya model nonparametrik untuk menguji interaksi dalam analisis varians, kecuali dengan membuat asumsi khusus tentang aditivitas.

Penting untuk dicatat bahwa penggunaan statistika, khususnya analisis statistika inferensial, umumnya telah menjadi praktik umum di berbagai bidang ilmu, baik itu ilmu sosial humaniora maupun ilmu eksakta. Seringkali, ditemukan penggunaan metode analisis statistika parametrik tanpa memenuhi asumsi parametrik. Oleh karena itu, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi mereka yang ingin memperluas pemahaman mereka terkait penggunaan analisis statistika nonparametrik sebagai alternatif yang lebih fleksibel dibandingkan statistika parametrik.

Penulisan buku ini bertujuan membantu pembaca yang menghadapi kesulitan dalam melakukan penelitian yang melibatkan analisis statistika nonparametrik. Ilmu pengetahuan, sebagus apapun, akan kurang bermanfaat jika tidak dibagikan kepada orang lain. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi pembaca.


Judul buku : Analisis Data Kualitatif Menggunakan Metode Statistika Nonparametrik: Aplikasi Software R Open Source
Penulis : Adji Achmad Rinaldo Fernandes dkk.
Kategori : Ilmu Matematika | Statistika Nonparametrik
Tahun terbit : 2024
Jumlah halaman : i—x+237
Dimensi buku : 15.5 x 23.5 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih
ISBN elektronik :
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai