Buku Baru: Internasionalisasi Usaha Kecil Menengah

Internasionalisasi Usaha Kecil Menengah

Jumlah Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia saat ini sangat banyak dan menjadi tumpuan hidup jutaan masyarakat. UKM dinilai sebagai kelompok usaha yang memiliki daya tahan kuat dalam menghadapi berbagai gejolak ekonomi. UKM juga berperan besar dalam penyerapan tenaga kerja, meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB), menciptakan perekonomian yang kompetitif, meningkatkan ekspor dan berbagai peran strategis lainnya. Namun, peran untuk meningkatkan ekspor atau perdagangan internasional masih tergolong kecil. Padahal, manfaat yang dapat diperoleh UKM dan negara sangat besar.

Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh UKM Indonesia dalam melakukan internasionalisasi antara lain kurangnya pengetahuan pemiliki tentang pasar asing dan cara mengaksesnya, terbatasnya modal, minimnya pemanfaatan teknologi, rendahnya inovasi, kurangnya infrastruktur penunjang, kurangnya peran pemerintah, dan persaingan bisnis. Selain itu, ekosistem kewirausahaan yang ada masih belum sepenuhnya mendukung internasionaliasi UKM Indonesia.

Bagi para pelaku UKM yang memiliki orientasi ekspor atau internasionalisasi, buku ini sangat tepat untuk menjadi panduan membuka wawasan mengenai topik terkait. Selain itu, buku ini juga sangat tepat untuk dibaca oleh mahasiswa, pemerintah dan berbagai pihak yang berkepentingan terhadap internasionalisasi UKM. Buku ini memuat topik-topik hangat tentang internasionalisasi UKM antara lain peran UKM, hambatan internasionalisasi, cara memasuki pasar asing, ekspor, digitalisasi bisnis, dan memilih pasar internasional. Pada bagian akhir, buku ini membahas tentang ekosistem kewirausahaan dan peran pemilik dalam internasionalisasi UKM yang akan melengkapi pengetahuan pembaca.


Judul buku : Internasionalisasi Usaha Kecil Menengah
Penulis : Moh. Erfan Arif
Kategori : Ekonomi dan Bisnis
Tahun terbit : 2023
Jumlah halaman : i—xiv + 142
Dimensi buku : 16 x 24 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik :
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai