Buku Baru: Komunikasi Lingkungan: Konsep Kunci dan Studi Kasus Terkini di Asia dan Indonesia

Buku “Komunikasi Lingkungan: Konsep Kunci dan Studi Kasus Terkini di Asia dan Indonesia” ditulis oleh Syahirul Alim dari Universitas Brawijaya, menawarkan tinjauan mendalam mengenai aspek-aspek komunikasi lingkungan yang kini menjadi perhatian penting dalam studi komunikasi. Dengan memberikan akses pengetahuan yang mencakup sejarah, definisi, serta ruang lingkup kajian komunikasi lingkungan, karya ini mengusung konteks geografis Asia dan Indonesia sebagai lanskap utama pembahasan.

Isu dan konflik lingkungan yang kerap terjadi di kedua wilayah ini dijadikan basis data kunci yang mempertajam analisis dan contoh kasus yang relevan.

Buku yang disusun calam 13 bab ini memulai pembahasan dengan sejarah kemunculan komunikasi lingkungan yang akhirnya berkembang menjadi sebuah disiplin ilmiah yang serius. Penulis mengeksplorasi bagaimana simbol-simbol lingkungan dikomunikasikan dalam media visual, termasuk poster dan iklan, serta manifestasinga dalam kesadaran kolektif masyarakat. Penulis juga menguraikan pentingnya pemahaman risiko lingkungan dan bagaimana kebijakan lingkungan yang diterapkan di Indonesia menjadi landasan dalam pembangunan strategi pengelolaan lingkungan yang bertanggung jawab dan menganut asas keberlanjutan sesuai dengan semangat SDG’s.

Buku ini terbagi ke dalam tiga belas bab yang saling terkait dan mendukung satu sama lain dalam membangun komprehensifitas pembahasan isu komunikasi lingkungan. Dimulai dengan sejarah dan definisi komunikasi lingkungan, serta dampakya terhada kajian lImu Komunikasi dewasa ini. Penekanannya pada perkembangan komunikasi lingkungan di Asia dan Indonesia dengan memberikan konteks sosio-demografis yang kuat. Kemudian, dilanjutkan dengan ulasan mendalam bagaimana konstruksi simbol dan sosial dalam hubungan manusia dengan alam untuk dapat mengetahui lebih dalam strategi membangun komunikasi risiko dalam kaitannya dengan isu-isu lingkungan. Pada bab-bab selanjutnya, penulis menguraikan tentang konsep “green marketing”, kebijakan lingkungan di Indonesia hingga bagaimana media mengonstruksi dan menumbuhkan kesadaran publik atas isu lingkungan. Terakhir, penulis menutup dengan ulasan perkembangan isu kontemporer dalam bidang lingkungan di Asia dan Indonesia. 

Buku ini tidak hanya memberikan gambaran teoritis namun juga aplikatif. Melalui beragam studi kasus yang disuguhkan, pembaca akan dipandu untuk memahami kompleksitas komunikasi lingkungan di Asia dan Indonesia, sekaligus ditantang untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari dalam penanganan isu lingkungan aktual. Buku ini merupakan sumber yang kaya bagi akademisi, praktisi komunikasi lingkungan, pembuat kebijakan, dan masyarakat luas yang berminat dalam memahami dan berpartisipasi aktif dalam upaya pelestarian lingkungan, menjadikannya sebuah karya yang sangat relevan dan tepat waktu.


Judul buku : Komunikasi Lingkungan: Konsep Kunci dan Studi Kasus Terkini di Asia dan Indonesia
Penulis : Syahirul Alim
Kategori : Ilmu Komunikasi
Tahun terbit : 2024
Jumlah halaman : i-xiv+147 hlm
Dimensi buku : 15.5 cm x 23.5 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik :
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai