Buku Baru: Mengawal Tata Kelola & Tujuan Bernegara

Mengawal Tata Kelola & Tujuan Bernegara

Sebagai percikan pemikiran, buku ini menampung keresahan penulis atas kondisi bangsa kita. Sebanyak 26 artikel yang pernah diterbitkan di berbagai media masa dalam 12 tahun terakhir menyusun buku ini. Temanya membentang dari isu tata kelola keuangan negara, pembangunan berkelanjutan dan penanganan bencana, menarik keterlibatan pemangku kepentingan (stakeholders), politik dan kepemimpinan berkinerja, antikorupsi, sampai dengan pemikiran mengenai BPK ke depan. Sebagian besar tulisan terkait dengan peran lembaga pemeriksa keuangan negara tempat penulis berkiprah.

Penulis berharap terwujudnya BPK yang ideal, yang mampu menjalankan fungsi oversight, insight, dan foresight. Fungsi oversight untuk mencegah berbagai fraud, mendorong akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan negara untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Sementara fungsi insight diwujudkan melalui pendalaman kebijakan publik untuk memberikan alternatif pilihan kebijakan terbaik bagi pemerintah. Dan fungsi foresight memberikan perspektif masa depan, agar pemerintah menjadi unggul di dalam persaingan global dan mampu menghindari krisis.

Ungkapan terima kasih yang setinggi-tingginya penulis sampaikan kepada para tokoh yang telah memberikan sambutan dan “testimoni”, serta semua pihak yang membantu penerbitan buku ini. Semoga buku ini memberi manfaat bagi para pembaca, khususnya kalangan birokrat, akademisi, dan para pembelajar di bidang kebijakan dan tata kelola sektor publik. Harapannya, tujuan negara kita bisa terwujud lebih pasti melalui percepatan-percepatan, berkat kerja-kerja kolaboratif segenap komponen bangsa, termasuk Badan Pemeriksa Keuangan milik kita bersama.


Judul buku : Mengawal Tata Kelola & Tujuan Bernegara
Penulis : Nico Andrianto
Kategori : Ilmu Administrasi Pembangunan Negara | Tata Kelola Negara
Tahun terbit : 2024
Jumlah halaman : i-xviii+138
Dimensi buku : 15,5 x 23,5 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih
ISBN elektronik :
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai