Salah satu pakar ekonomi kreatif dari Universitas Brawijaya, Dias Satria SE., M.App.Ec., Ph.D (kiri) sedang menyampaikan masukan terkait strategi pemasaran UB Press kepada Direktur UB Press, Prof. Dr. Trinil Susilawati, MS (kanan)
UB Press mengadakan FGD Strategi Peningkatan Omset Penjualan Buku pada hari Rabu (17/1/2018) di Ruang Pertemuan UB Press Gedung INBIS UB Lantai 3 dengan mengundang salah satu pakar ekonomi kreatif dari Universitas Brawijaya, Dias Satria SE., M.App.Ec., Ph.D. Acara FGD yang dihadiri Direktur UB Press, Prof. Dr. Trinil Susilawati, MS beserta staf dari seluruh divisi ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan dari sisi pemasaran UB Press untuk dicari alternatif solusinya, demi peningkatan kinerja, efektifitas serta efisiensi pemasaran UB Press di tahun 2018, juga demi optimalisasi peran seluruh SDM UB Press di unit kerjanya masing-masing.
Acara FGD dimulai dengan pemaparan capaian dan kondisi pemasaran UB Press dari awal hingga tahun berjalan, mulai dari produk yang ditawarkan UB Press ke pasaran, channel-channel pemasaran buku UB Press, hingga kerjasama pemasaran dengan pihak lain. Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan diskusi dan penyampaian masukan-masukan terkait konsep pemasaran yang perlu UB Press lakukan untuk peningkatan omset penjualan buku.
Rekomendasi yang didapat dari FGD ini antara lain yaitu agar UB Press bisa menggarap branding buku-buku merk UB Press dengan lebih total dan serius, salah satunya dengan menarik audience melalui social media dan konten-konten kreatif lainnya seperti videografi dan website. Aspek cover buku juga menjadi perhatian khusus, yaitu agar cover buku terbitan UB Press bisa lebih memperhatikan pemilihan gambar atau foto, sehingga maksud dari isi buku bisa terwakili dengan baik.