Buku ini menyajikan kerangka komprehensif untuk melaksanakan penelitian kualitatif yang kredibel, transparan, dan metodologis dalam konteks pendidikan teknologi informasi, merespons kecenderungan problematik dalam studi kualitatif kontemporer yang sering gagal menunjukkan aspek ilmiahnya karena peneliti hanya menafsirkan data secara subjektif tanpa memperhatikan kemungkinan reproduksi atau replikasi temuan oleh peneliti lain. Dengan mengidentifikasi bahwa banyak proses penelitian kualitatif disembunyikan di balik dalih subjektivitas dan fleksibilitas yang disalahartikan, mengakibatkan keterlacakan (traceability) yang lemah ketika diaudit ulang sehingga hasil penelitian terkesan seperti mengarang bebas sesuai selera peneliti, buku ini hadir untuk mengembalikan kredibilitas ilmiah penelitian kualitatif melalui pembahasan mendalam tentang paradigma penelitian dan aplikasinya (Bab 1), beragam rancangan penelitian kualitatif (Bab 2), strategi pengumpulan data yang sistematis dan transparan (Bab 3), pendekatan analisis data yang dapat dipertanggungjawabkan (Bab 4), strategi dan teknik analisis data (Bab 5), dan contoh proses analisis data (Bab 6).
Melalui pendekatan yang seimbang antara sensitivitas kontekstual dan keketatan sistematis, buku ini mendorong pengembangan tradisi penelitian kualitatif dalam pendidikan teknologi informasi yang tidak hanya menghasilkan wawasan mendalam tentang fenomena tetapi juga memenuhi standar keilmiahan yang dapat dipertanggungjawabkan melalui prosedur pengumpulan dan analisis data yang transparan, triangulasi metode yang ketat, dokumentasi proses yang komprehensif, refleksivitas peneliti yang kritis, dan strategi validasi yang kredibel. Dengan demikian, buku ini tidak bermaksud mengurangi kedalaman dan kekayaan kontekstual yang menjadi ciri khas penelitian kualitatif, tetapi justru memperkuatnya dengan landasan metodologis yang kokoh, memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan kualitas penelitian pendidikan teknologi informasi.
Judul buku | : | Proses Penelitian Kualitatif Bidang Pendidikan Teknologi Informasi |
Penulis | : | Admaja Dwi Herlambang |
Kategori | : | Ilmu Komputer |
Tahun terbit | : | 2025 |
Jumlah halaman | : | i-xvii + 538 hlm |
Dimensi buku | : | 15.5 x 23.5 cm |
Berat | : | 250 gram |
Warna halaman isi | : | Hitam putih & warna |
ISBN elektronik | : | |
Tautan pembelian | : |