Beberapa dekade terakhir, perguruan tinggi di seluruh dunia menghadapi tekanan yang semakin besar dalam beradaptasi dengan perubahan sosial, ekonomi, dan teknologi yang bergerak cepat. Kemajuan teknologi digital, globalisasi, dan dinamika pasar kerja global mendorong kebutuhan mendesak bagi institusi pendidikan tinggi untuk meninjau kembali kurikulum yang digunakan. Perkembangan pesat dalam teknologi seperti kecerdasan buatan, big data, dan Internet of Things (IoT), telah mengubah cara bekerja dan hidup, termasuk sistem pendidikan tinggi di Indonesia. Buku ini disusun untuk membahas mengenai 12 topik terkait fenomena tersebut diantaranya mengenai; 1) latar belakang revitalisasi kurikulum pendidikan tinggi, 2) evolusi teori pembelajaran di perguruan tinggi, 3) keterkaitan teori pembelajaran tradisional dan era digital, 4) transformasi digital dalam sistem pendidikan tinggi, 5) kebutuhan pasar kerja di era digital, 6) strategi revitalisasi kurikulum pendidikan tinggi, 7) pengembangan kurikulum berbasis kompetensi di era digital, 8) inovasi dalam pembelajaran di pendidikan tinggi, 9) pengembangan kompetensi dosen, 10) kolaborasi antara pendidikan tinggi dan industri, 11) kebijakan pendidikan tinggi di era digital, serta, 12) studi kasus revitalisasi kurikulum pendidikan tinggi. Buku ini relevan untuk mahasiswa, dosen, maupun masyarakat yang ingin meningkatkan pengetahuan terhadap revitalisasi kurikulum pendidikan tinggi, khususnya dalam menjawab tantangan pasar kerja di era digital.
Judul buku | : | Revitalisasi Kurikulum Pendidikan Tinggi Menjawab Tantangan Pasar Kerja di Era Digital |
Penulis | : | I Made Supartha Utama dkk. |
Kategori | : | Ilmu Pendidikan |
Tahun terbit | : | 2025 |
Jumlah halaman | : | i-xiv+237 hlm |
Dimensi buku | : | 15.5 x 23.5 cm |
Berat | : | 250 gram |
Warna halaman isi | : | Hitam putih & warna |
ISBN elektronik | : | |
Tautan pembelian | : |