Buku Baru: Validitas Reliabilitas Kuesioner dan Pemeriksa Pada Penelitian Kesehatan

Buku ini terutama diperuntukkan bagi peneliti maupun mahasiswa di bidang kesehatan. Topik bahasan dalam buku ini disusun secara sistematis mulai dari pembahasan tentang mengapa perlu dilakukan adaptasi kuesioner, bagaimana tahapan melakukan adaptasi kuesioner, bagaimana mengukur validitas dan reliabilitas kuesioner, mengukur kesepakatan pemeriksa termasuk contoh kasus untuk dilakukan analisis menggunakan SPSS.

Dengan meningkatnya jumlah proyek penelitian di bidang kesehatan baik multinasional dan multikultural, kebutuhan untuk mengadaptasi pengukuran status kesehatan yang digunakan dalam bahasa selain bahasa sumber juga meningkat pesat. Penggunaan instrumen versi adaptasi (menggunakan kuesioner yang sudah tersedia) tidak hanya dapat menghemat banyak waktu dan tenaga tetapi juga menghindari kesalahan perbandingan hasil antara versi terjemahan dengan yang asli.

Penulis telah memiliki pengalaman melakukan adaptasi kuesioner dan hasilnya telah dipublikasi pada jurnal bereputasi. Dengan mengambil referensi dari berbagai sumber yang relevan, besar harapan buku ini dapat bermanfaat bagi peneliti yang hendak menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian.


Judul buku : Validitas Reliabilitas Kuesioner dan Pemeriksa Pada Penelitian Kesehatan
Penulis : Yuanita Lely Rachmawati
Kategori : Ilmu Kedokteran | Kesehatan
Tahun terbit : 2024
Jumlah halaman : i-xi + 99 hlm
Dimensi buku : 15.5 cm x 23.5 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik :
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai