Buku Baru: Sukses Menembus Jurnal Internasional “Q1”

Sukses Menembus Jurnal Internasional “Q1”

Publikasi menjadi modal penting bagi pengembangan karir akademisi dan peneliti. Jumlah publikasi juga bisa menjadi modal bagi akademisi dalam mengikuti kompetisi hibah-hibah dana penelitian. Bahkan, publikasi sudah menjadi syarat bagi mahasiswa program doktor untuk meraih gelar akademik. Namun, banyak akademisi dan peneliti pemula di Indonesia yang kesulitan mempublikasikan hasil penelitiannya pada jurnal internasional bertaraf Q1. Seorang akademisi dan peneliti pemula yang hendak menulis suatu artikel jurnal sering kali menghadapi kebingungan dari mana harus memulai dan apa yang harus ditulis pertama kali.

Di sisi lain, upaya untuk menceritakan hasil-hasil penelitian dalam suatu format tulisan yang mudah dimengerti dan bisa diterima (acceptable) pada jurnal internasional bertaraf Q1 bukanlah pekerjaan yang mudah. Selain kendala keterbatasan Bahasa Inggris, penulisan artikel yang akan dipublikasikan pada suatu jurnal internasional bertaraf Q1 menuntut persyaratan yang ketat. Bahkan, seseorang yang telah memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik masih harus melakukan revisi berkali-kali untuk memenuhi standar jurnal internasional bertaraf Q1.

Buku “Sukses Menembus Jurnal Internasional Q1” ini membantu pembaca untuk mengatasi kebingungan yang dihadapi pada saat ingin memulai menulis artikel jurnal. Buku ini menginformasikan hal-hal penting yang perlu diketahui dan dipersiapkan oleh seorang akademisi maupun peneliti pemula sebelum mensubmit suatu naskah artikel ilmiah (manuscript) ke editor jurnal internasional bertaraf Q1. Buku ini juga dilengkapi berbagai tips mulai dari cara memilih jurnal Q1 hingga contoh penulisan masing-masing bab artikel jurnal yang meliputi judul, abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan.


Judul buku : Sukses Menembus Jurnal Internasional “Q1”
Penulis : Eko Nugroho & Danung Nur Adli
Kategori : Peternakan
Tahun terbit : 2023
Jumlah halaman : i—xvi + 150
Dimensi buku : 16 x 24 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik :
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai