Buku Baru: Pemantauan Bumi dengan Google Earth Engine

Pemantauan Bumi dengan Google Earth Engine

Pemantauan bumi menjadi semakin penting ditengah tingginya kebutuhan informasi atas perubahan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam. Buku “Pemantauan Bumi dengan Google Earth Engine” ini sangat relevan untuk mereka yang ingin memanfaatkan EE untuk meningkatkan efisiensi pemantauan bumi dengan data spasial berukuran besar (big spatial data). Google Earth Engine (GEE) adalah platform yang telah membantu menyediakan wawasan mendalam atas dinamika di permukaan bumi bagi pemerintah, peneliti, dan praktisi di berbagai bidang.

Buku ini memberikan pemahaman awal terkait langkah praktis penggunaan GEE untuk analisis spasial dan temporal. Pembaca ditunjukkan cara mendapatkan akses terhadap platform, katalog data, dan sumber daya pendidikan EE yang tersedia. Pembaca dikenalkan pada berbagai konsep seperti pendekatan spasial-temporal, penginderaan jauh, sistem informasi geografi, dan dasar-dasar JavaScript yang diperlukan untuk bekerja dengan GEE. Pembaca diajak untuk mengelola, melakukan manipulasi, dan memvisualisasikan data raster dan vektor. Lebih jauh, buku ini membahas penerapan berbagai teknik analisis spasial dan temporal dengan GEE, seperti statistik zonal, deret waktu, deteksi anomali, serta klasifikasi tersupervisi dan tidak tersupervisi.

Setelah membaca buku ini, pembaca diharapkan memiliki kompetensi dasar dalam menggunakan GEE untuk menghasilkan informasi yang dapat mendukung pengambilan keputusan berkelanjutan yang didasarkan atas pemahaman dinamika yang terjadi di permukaan bumi.


Judul buku : Pemantauan Bumi dengan Google Earth Engine
Penulis : Riswan Septriayadi Sianturi
Kategori : Ilmu Komputer
Tahun terbit : 2023
Jumlah halaman : i—xvi+184
Dimensi buku : 16 x 24 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik : 978-623-296-819-6
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai