Buku Baru: Bedah Jantung: Panduan untuk Pasien dan Keluarga

Bedah Jantung

Jumlah pasien yang menjalani tindakan bedah jantung dewasa ini terdapat kecenderungan meningkat. Hal ini didorong oleh makin baiknya fasilitas diagnostik, bertambahnya jumlah tenaga medis ahli, makin baiknya infrastruktur rumah sakit, dan obat-obatan yang lengkap serta kerja sama antarbagian di dalam rumah sakit maupun antarrumah sakit sehingga pasien pasien dengan kelainan jantung yang membutuhkan tindakan koreksi dengan bedah dimungkinkan untuk mendapatkan pelayanan secara paripurna.

Buku ini menjadi salah satu panduan untuk pasien-pasien yang menjalani tindakan bedah jantung terbuka, apakah dikarenakan penyakit jantung koroner, penyakit katup jantung, penyakit jantung bawaan, dan kelainan jantung lainnya. Keputusan untuk melakukan tindakan bedah diambil setelah dilakukan pengkajian yang melibatkan lintas ahli, spesialis jantung dan pembuluh darah, spesialis bedah thorax dan kardiovaskular, spesialis anestesi, spesialis jantung dan pembuluh darah subspesialis prevensi, dan rehabilitasi kardiovaskular.

Tahap-tahap untuk menjalani bedah jantung diawali dengan persiapan, tindakan operasi, dan pemulihan pascaoperasi. Pada tahap persiapan kadang diperlukan konsultasi dengan spesialis THT dan dokter gigi, serta spesialis paru. Juga dilakukan latihan batuk dan pernapasan efektif. Pada pascaoperasi dilakukan rehabilitasi fase 1, fase 2, dan fase 3 di bawah bimbingan dokter. Masing-masing fase memiliki komponen yang komprehensif dengan tujuan untuk mengembalikan pasien pada kapasitas yang memungkinkannya untuk bisa beraktivitas seperti orang sehat. Pasien juga diberikan edukasi tentang perawatan luka, gizi dan obat-obatan. Juga diberi edukasi tentang  aktivitas  apa saja yang dianjurkan dan dihindari selama pemulihan, kapan boleh mulai bekerja, mulai mengendarai kendaraan, dan tips saat bepergian.

Semoga buku ini bisa memberi pemahaman yang lebih baik bagi pembaca yang memerlukan.


Judul buku : Bedah Jantung: Panduan untuk Pasien dan Keluarga
Penulis : Cholid Tri Tjahjono & Yuri Afifah
Kategori : Kedokteran
Tahun terbit : 2023
Jumlah halaman : i—xv + 107
Dimensi buku : 16 x 24 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik :
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai