Buku Baru: Inclusive Instructions: Teori dan Praktik di Pendidikan Tinggi

Inclusive Instructions

Inisiatif Pendidikan inklusi di Perguruan Tinggi telah meningkat sepanjang tahunnya. Namun, tantangan dalam praktik pengajaran masih ditemui oleh pengajar. Buku Inclusive Instructions: Teori dan Praktik di Perguruan Tinggi ini ditulis berdasarkan pengalaman tim penulis dalam menerapkan strategi pembelajaran inklusif di Perguruan Tinggi. Buku ini terdiri dari 5 bab yaitu Bab 1. Pengantar Pendidikan Inklusi, Bab 2. Keragaman Peserta Didik, Bab 3. Aksesibilitas, Bab 4. Inclusive Instructions: Teori dan Praktik and Bab 5. Menyusun Inclusive Instructions.

Bab 1 menjelaskan tentang pengantar pendidikan inklusi  dilanjutkan dengan Bab 2 yang mengelaborasi keragaman peserta didik mencakup penjelasan karakteristik dari masing-masing keragaman, hambatan yang dialami peserta didik atas keragaman yang ia alami serta tantangan dan solusi dalam pemenuhan kebutuhan belajar peserta didik berdasarkan keragaman yang mereka alami. Praktik pembelajaran inklusi merupakan praktik yang kerap kali melibatkan integrasi teknologi sehingga prinsip aksesibilitas perlu disampaikan untuk memberikan informasi kepada pembaca bahwa aksesibilitas merupakan prinsip sentral dalam implementasi inclusive instructions. Bab 3 secara khusus menyampaikan tentang prinsip aksesibilitas dan akomodasi dalam praktik pembelajaran inklusi. Sebelum memberikan panduan praktis tentang bagaimana merencanakan dan menerapkan inclusive instructions, Bab 4 akan memberikan penjelasan tentang berbagai strategi dalam menerapkan inclusive instructions. Setelah pembaca mendapatkan ilustrasi teoritis tentang pembelajaran inklusi, Bab 5 menyajikan panduan praktis dan praktik baik bagaimana merencanakan dan menerapkan inclusive instructions.

Di setiap bab dilengkapi dengan aktivitas “jeda sejenak” yang mengajak pembaca berkontemplasi tentang pengalaman pendidikan dan mengasosiasikan dengan konsep pendidikan inklusi. Tim penulis berharap bahwa buku ini akan memberikan manfaat bagi para pembaca dan lebih lanjut dapat memberikan kesempatan belajar yang nyaman, aman, adil, dan setara bagi semua peserta didik.


Judul buku : Inclusive Instructions: Teori dan Praktik di Pendidikan Tinggi
Penulis : Alies Poetri Lintangsari dkk.
Kategori : Ilmu Budaya | Pendidikan
Tahun terbit : 2023
Jumlah halaman : i—xiv+130
Dimensi buku : 16 x 24 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik : 978-623-296-813-4
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai