Buku Baru: Entrepreneur Muslim: Kekuatan, Tantangan, dan Keberlanjutan Bisnis

Entrepreneur Muslim

Buku “Entrepreneur Muslim: Kekuatan, Tantangan, dan Keberlanjutan Bisnis” ini membahas tentang individu yang mengidentifikasi dirinya sebagai seorang pengusaha muslim. Pengusaha muslim memiliki kekuatan moral (akhlak) dan menjalankan usahanya berdasarkan prinsip-prinsip ajaran Islam, yaitu Al-Qur’an dan Sunah Rasulullah saw. untuk mencapai kesuksesan sebagai seorang pengusaha muslim, terdapat langkah-langkah dan panduan yang harus diikuti.

Buku ini terdiri dari empat bab yang akan mengulas topik-topik berikut.

  1. Kekuatan Entrepreneur Muslim: Bab ini membahas kekuatan “akhlak” sebagai  kekuatan pada internal pribadi pengusaha muslim, yang dibentuk oleh 3 pilar utama, yaitu: Islam, Iman, dan Ihsan, serta dimensi Entrepreneur Muslim. Kekuatan “akhlak” didukung dan diperkuat  oleh faktor-faktor eksternal, yaitu: faktor sosial, budaya, hukum, dan politik.
  2. Kiat Sukses Menjadi Entrepreneur Muslim: Bagian ini menyoroti pentingnya niat yang baik sebelum memulai sebuah pekerjaan, karena niat yang baik memiliki nilai ibadah dan memiliki arah dan tujuan yang jelas, serta langkah strategis yang nyata.
  3. Peluang Entrepreneur Muslim: Suatu usaha atau bisnis tidak lepas dari persaingan; bab ini mengidentifikasi peluang usaha, menguraikan tantangan yang mungkin dihadapi dalam membangun bisnis, dan memberikan kiat sukses untuk mengatasi tantangan dalam berusaha.
  4. Keberlanjutan Usaha Entrepreneur Muslim: Bab ini memperjelas, bahwa Keberlanjutan Bisnis bagi seorang Entrepreneur Muslim ada pada perilaku dan sifat-sifat yang melekat pada pribadinya dalam bentuk kelincahan, kolaborasi, kemampuan untuk merespons perubahan, serta kreativitas dan inovasi.

Buku ini juga membahas berbagai strategi pengembangan usaha Entrepreneur Muslim, termasuk bagaimana memiliki pola pikir sebagai Entrepreneur Muslim, dan strategi pengembangan usaha kecil, serta penggunaan strategi Resource-based View.


Judul buku : Entrepreneur Muslim: Kekuatan, Tantangan, dan Keberlanjutan Bisnis
Penulis : Armanu dkk.
Kategori : Ekonomi dan Bisnis
Tahun terbit : 2023
Jumlah halaman : i—viii+136
Dimensi buku : 16 x 24 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik : 978-623-296-800-4
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai