Buku Baru: Kegawatdaruratan dan Life Support: Modal Dasar sebagai Dokter

Kegawatdaruratan dan Life Support

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi saat ini sangat pesat, menuntut tenaga kesehatan untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan terbaru. Kondisi dan letak geografis Indonesia yang terdiri dari kepulauan menjadi tantangan tersendiri bagi tercapainya pemerataan layanan, standardisasi tenaga kesehatan dan sarana prasarananya.

Pentingnya materi buku ini didasari pengalaman penulis.

  1. Kebutuhan materi pembelajaran pada saat menempuh Pendidikan Dokter dan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Reanimasi.
  2. Pengabdian pada saat melayani masyarakat di kaki Gunung Ijen dengan status PTT hingga sebagai PNS mulai dari Puskesmas sampai RS di Kota Kabupaten.
  3. Profesi yang dijalani penulis sejak Dokter Umum di Puskesmas, Kesatuan Dephankam TNI-AL hingga saat ini sebagai Staf Dosen FK Universitas Brawijaya dan Tenaga Fungsional Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif di RSUD Dr. Saiful Anwar tidak terlepas dari situasi kegawatdaruratan selama bekerja dalam melayani penderita mulai dari pra, selama, hingga pascaoperasi serta merawat penderita di ruang Terapi Intensif.

Buku ini disusun terdiri dari tiga belas bagian; pertama berisi tentang penilaian respirasi, kedua mengenai gagal napas, ketiga cairan tubuh, keempat tentang elektrolit, kelima transfusi darah, keenam manajemen syok, ketujuh manajemen nyeri, kedelapan farmakologi dan kegunaan klinis obat analgesik, kesembilan anastesi lokal, kesepuluh reaksi anafilaksis, kesebelas basic life support (Bantuan Hidup Dasar), kedua belas resusitasi pada neonatus, dan bagian ketiga belas menjelaskan tentang SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu).

Bahan yang tersaji dalam buku ini disusun lebih terstruktur, berurutan dan berkelompok sehingga dapat membantu pembaca khusunya mahasiswa Pendidikan Dokter lebih mudah untuk mencapai kompetensi kegawatdaruratan sesuai SKDI (Standar Kompetensi Dokter Indonesia) yang materinya tersebar di berbagai area Sistem Organ dan Ketrampilan Klinis.


Judul buku : Kegawatdaruratan dan Life Support: Modal Dasar sebagai Dokter
Penulis : Aswoco Andyk Asmoro
Kategori : Kedokteran
Tahun terbit : 2023
Jumlah halaman : i—xii + 154
Dimensi buku : 16 x 24 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik : 978-623-296-788-5
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai