Buku Baru: Pengantar Algoritma dan Pemrograman dengan Python

Pengantar Algoritma dan Pemrograman dengan Python

Buku ini terdiri dari 8 bab yang setiap babnya dilengkapi dengan latihan soal untuk menguji pemahaman materi yang sudah dijelaskan.

BAB 1 Pengantar Ilmu Komputasi dan Penerapannya
Bab ini membahas konsep dasar ilmu komputasi; sejarah komputasi pada awal peradapan; dan perkembangan dan penerapan ilmu komputasi pada kehidupan sehari-hari.

BAB 2 Pengantar Pemrograman dan Algoritma
Bab ini menjelaskan konsep dasar pemrograman dan algoritma yang meliputi: program dan pemrograman; algoritma, flowchart dan pseudocode; struktur sekuensial dan kondisional; struktur perulangan; dan kombinasi struktur perulangan dan  kondisional.

BAB 3 Pengantar Bahasa Pemrograman Python
Bab ini menjelaskan dasar-dasar Bahasa Pemrograman Python yang terdiri beberapa sub bab yaitu: pengantar Bahasa Pemrograman Python; instalasi Bahasa Pemrograman Python; dan elemen dasar Bahasa Pemrograman Python. Bagian ini juga dilengkapi contoh-contoh soal untuk memperjelas teori yang diberikan.

BAB 4 Instruksi Kondisional
Bab ini membahas dasar instruksi kondisional pada Bahasa Pemrograman Python. Bab ini terbagi menjadi beberapa sub bab yaitu Pernyataan If-Else; Pernyataan If Bertangga; dan Pernyataan If Bersarang.  Bab ini juga dilengkapi contoh-contoh soal yang diberikan terkait masalah Matematika sederhana dan masalah sehari-hari.

BAB 5 Instruksi  Perulangan
Bab ini menjelaskan intruksi perulangan yang ada pada Bahasa Pemrograman Python antar lain: perulangan for;  perulangan while; perulangan bersarang; dan pernyataan break, continue, pass, dan else.  Bab ini dilengkapi contoh penyelesaian masalah matematika sederhana.

BAB 6 Fungsi
Bab ini menjelaskan bagaimana mendefinisikan fungsi dan memanggil fungsi pada Bahasa Pemrograman Python, scope variabel, fungsi rekursif dan fungsi lambda. Contoh soal juga diberikan untuk meningkatkan pemahaman materi fungsi.                .

BAB 7 List, Tuple,  Dictionary dan Numpy Array
Bab ini akan menjelaskan struktur data List, Tuple, Dictionary, dan Numpy Array.  Bab ini dilengkapi dengan contoh-contoh soal pada bidang aljabar vektor, aljabar matriks,  teori himpunan, statistika dan lain-lain.

BAB 8 Module dan Package
Bab ini menjelaskan bagaimana membangun program dengan menggunakan konsep module dan Package. Akhir bab akan membahas bagaimana menggunakan Predefine Package. Bab  ini juga dilengkapi dengan contoh soal dalam membuat module dan package dan cara memanggilnya.


Judul buku : Pengantar Algoritma dan Pemrograman dengan Python
Penulis : Syaiful Anam dkk.
Kategori : MIPA | Matematika
Tahun terbit : 2023
Jumlah halaman : i—xii + 188
Dimensi buku : 16 x 24 cm
Berat : 250 gram
Warna halaman isi : Hitam putih & warna
ISBN elektronik : 978-623-296-734-2
Tautan pembelian :

Mungkin Anda juga menyukai