Audit Internal

Audit internal dilakukan oleh Pusat Jaminan Mutu Universitas Brawijaya (PJM UB) , melalui Audit Internal Mutu (AIM) UKPPA.

 

SIKLUS 4

Audit Internal Mutu (AIM) UKPPA Siklus 4 dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 20 April 2012. Auditor yang terlibat dalam AIM Siklus 4 untuk UB Press adalah Dr. Ir. A. Tunggul Sutan Haji, M.T. dan Dr. Dra. Herawati, M.P.

Audit Internal Mutu (AIM) UKPPA siklus 4 tahun 2012 ini melakukan audit pada bidang sistem dokumen yang ada di unit kerja yang bersangkutan. Kelengkapan dokumen ini menjadi penting karena ini merupakan poin penting dari Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.

Pada AIM kali ini ada 23 ketidaksesuaian yang ada di UB Press, terdiri dari 19 ketidaksesuaian baru dan 4 ketidaksesuaian lama. Bidang yang diaudit terdiri dari dokumen wajib, Manual Mutu, kepuasan pelanggan, implementasi ISO 9001, dan pelayanan prima.

SIKLUS 5

UB Press telah melewati Audit Internal Mutu (AIM) UKPPA Siklus 5 yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 24 Oktober 2012. Bertindak sebagai auditor UB Press pada AIM siklus 5 adalah Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng, Ph.D. dan Eka Wenda SW, S.T. AIM siklus 5 ini ada kelanjutan dari AIM Siklus 4, tindak lanjut dan koreksi menjadi prioritas pada AIM kali ini.

Pada AIM siklus 5 ini, UB Press berhasil mengubah 21 status open menjadi close. Ini berarti UB Press telah menindaklanjuti hasil temuan pada AIM UKPPA siklus sebelumnya. Namun demikian, masih ada 2 temuan lama yang belum berhasil di close karena masih ada kendala teknis untuk menyelesaikan temuan ini. Selain itu, ada 5 temuan baru pada AIM UKPPA siklus 5 ini. Temuan ini harus segera ditindaklanjuti agar terciptanya organisasi yang sesuai standar manajemen mutu ISO.

cats
cats

SIKLUS 6
Jadwal pelakasanaan Audit Internal Mutu (AIM) bagi Unit Kerja Penunjang Pelaksana Akademik (UKPPA) Siklus 6 Tahun 2013 untuk UB Press adalah pada hari Kamis, 17 Oktober 2013. Auditor untuk UB Press adalah Dr. Dra. Herawati, M.P. dan Yudie Wiro Eko Setyawan, S.Si.
Ruang lingkup Audit Internal Mutu (AIM) bagi Unit Kerja Penunjang Pelaksana Akademik (UKPPA) Siklus 6 Tahun 2013, adalah:
1. Tindakan perbaikan atas temuan AIM UKPPA sebelumnya,
2. Tindakan perbaikan atas temuan Surveillance ISO 9001:2008 oleh LRQA,
3. Implementasi SPMI berbasis ISO 9001:2008,
4. Implementasi SPMI berbasis Pelayanan Prima,
5. Implementasi Standar Website Unit Kerja.
Untuk menghadapi AIM UKPPA siklus 6 ini, UB Press telah menyiapkan dokumen – dokumen sebagai berikut:
• Laporan perbaikan atas temuan AIM UKPPA Siklus sebelumnya (bukti pendukung disediakan saat visitasi/kunjungan)
• Laporan perbaikan atas temuan Surveillance ISO 9001:2008 oleh LRQA (bukti pendukung disediakan saat visitasi/kunjungan).
• Manual Mutu (MM).
• Program Kerja.
• Manual Prosedur (MP) Wajib ISO, yaitu Prosedur: (a) Pengendalian Dokumen dan Rekaman, (b) Pengendalian Produk/Jasa Tidak Sesuai, (c) Tindakan Korektif dan Pencegahan.
• Manual Prosedur terkait proses bisnis atau tupoksi masing-masing unit kerja
• Laporan Tinjauan Manajemen yang terakhir.
Namun demikian, masih ada temuan – temuan baru yang harus diperbaiki dan ditindaklanjuti.

cats

cats