Sekilas Tentang PHK 2017

PENDAHULUAN

Program Hibah Penyusunan Buku Teks Bagi Dosen Universitas Brawijaya (UB) Tahun Anggaran 2017 dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi dosen UB terutama dalam hal penulisan sebuah buku. UB merupakan salah satu universitas terbesar di Indonesia yang memiliki 1.941 dosen (134 telah bergelar Profesor), dengan pendidikan terakhir lebih dari 636 dosen telah mengikuti pendidikan S3 hingga tahun 2017. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi UB untuk meningkatkan reputasinya terutama dalam hal menghasilkan karya ilmiah berupa buku ilmiah. Namun, buku teks yang dihasilkan oleh dosen UB sangatlah kurang. Berdasarkan kondisi tersebut, Rektor UB, telah mencanangkan program ketahanan buku, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis sebuah buku dan pada akhirnya yang menjadi target adalah banyaknnya buku hasil karya dosen dosen UB yang diterbitkan dan disebarkan secara nasional. Dalam program ketahanan buku ini akan diberikan hibah kepada dosen untuk membuat buku teks yang nantinya akan diterbitkan oleh UB Press. Program Hibah ini terbuka untuk semua dosen dan karyawan di lingkungan Universitas Brawijaya terutama yang sudah mempunyai draf naskah buku dan belum pernah atau sedang diterbitkan. Hibah buku ini akan diprioritaskan untuk penulisan buku teks, bukan buku yang ditulis dari hasil penulisan ulang dari skripsi, thesis dan disertasi.

TUJUAN PHK KETAHANAN BUKU

Hibah Penyusunan Buku Teks bagi Dosen UB yang dilaksanakan dalam rangka program ketahanan buku bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen, khususnya dalam menulis buku teks. Buku teks yang dihasilkan akan dapat dinikmati secara luas khususnya oleh mahasiswa di UB, dan tentunya dapat dibaca oleh masyarakatluas.

SYARAT PENGAJUAN

  • Memiliki draft naskah buku (minimal 40% dari buku).
  • Membuat proposal Hibah Pembuatan.
  • Naskah yang diajukan bukan buku berjilid.
  • Bersedia menyelesaikan penyusunan naskah sesuai jadwal yang ditetapkan dan buku harus sudah diterbitkan pada Tahun 2017.

 FASILITAS

  • Insentif 25 juta bagi pengusul yang lolos
  • Review oleh 2 orang pakar
  • Satu orang pendamping
  • Buku dicetak 300 eksemplar

JENIS BUKU YANG DIDANAI

  1. Buku ajar adalah suatu tulisan sumber informasi ilmu pengetahuan untuk mahasiswa. Di prediksi Sukses distribusikan karena sasaran pasar jelas dan pemasaran buku dapat dilihat dari penggunaan oleh mahasiswa di dalam perkuliahan. Kemudahan difahami oleh mahasiswa merupakan hal yang terpenting, biasanya ada tujuan instruksional di awal bab serta soal latihan di akhir bab. Buku ajar terkait dengan mata kuliah atau silabus tertentu.
  2. Buku Teks atau buku referensi, adalah hasil-hasil penelitian, review berbagai buku dan jurnal yang dapat digunakan untuk penulisan tugas akhir dan artikel ilmiah, Buku referensi lebih luas dibanding monograf. Mengandung fakta akurat berdasar pada referensi yang dipergunakan. Penggunaannya dan akurasi informasi adalah esensial
  3. Buku Monograf, Monograf berisi satu topik atau sejumlah topik (subjek) yang berkaitan dan disusun secara mendetail dan mendalam, dan biasanya ditulis oleh satu orang. Selain itu, monograf merupakan terbitan tunggal yang selesai dalam satu jilid dan tidak berkelanjutan.

FORMAT PENULISAN BUKU

  • Ukuran kertas: Lebar15,3 cm, Tinggi 23,5 cm
  • Margin: Top 2 cm, Inside 2,5cm, Bottom 2cm, Outside 2cm
  • Pages: Mirror margins
  • Font: cambria, font 12, spasi 1,2
  • Susunan Buku: kata pengantar, daftar isi, isi utama buku (bagian awal, bagian isi, bagian akhir), daftar pustaka, glosarium, indeks (sebaiknya ada)
  • Ukuran gambar/ilustrasi/tabel menyesuaikan, dengan pertimbangan tingkat keterbacaan teks.
  • Jumlah halaman minimal 100 halaman cetak (hanya untuk isi utama buku, tidak termasuk daftar isi, daftar referensi, lampiran-lampiran).
  • Halaman berwarna sebaiknya tidak lebih dari 10 halaman.
  • Jika ada gambar sebaiknya di grup
  • Penulisan rumus harus menggunakan equation

Catatan:

  • Buku yang dihasilkan pada program hibah ini tidak dapat diajukan untuk mendapatkan insentif lagi dari Universitas Brawijaya.

  • Template proposal dan draft buku bisa di download di website ubpress.ub.ac.id

PENDAMPING PENULIS

Pengusul PHK Ketahanan Buku wajib menuliskan nama pendamping di dalam proposal

  1. Minimal bergelar sarjana
  2. Mahasiswa/dosen/karyawan/alumni UB
  3. Mempunyai komunikasi yang baik dengan penulis
  4. Bersedia mendampingi penulis sampai buku selesai
  5. Bersedia mengikuti workshop yang diadakan oleh panitia PHK Ketahanan Buku Tahun 2017
  6. Bersedia menjalani kontrak antara pendamping dan penulis

Selanjutnya pengusul akan menyelesaikan naskah bukunya didampingi oleh pendamping guna penyempurnaan naskah buku. Nama pendamping tidak harus masuk sebagai nama penulis, tergantung kesepakatan antara penulis dan pendamping. Pendamping harus menyesuaikan naskah sesuai dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan. Jika pengusul tidak mencantumkan nama pendamping, maka akan diberikan pendamping dari staf UB Press.

KETENTUAN NASKAH BUKU

Naskah buku harus bebas dari aspek plagiarism (dibuktikan dengan sertifikat bebas plagiasi), dengan ketentuan sebagai berikut:

  • naskah baru dan belum pernah diterbitkan,
  • naskah belum pernah atau sedang diajukan untuk mendapatkan hibah dari sumber lain,
  • bukan dari revisi buku yang sudah pernah terbit,
  • bukan dari hasil terjemahan atau saduran,
  • bukan dari penulisan ulang thesis dan atau disertasi.
  • pustaka harus terbaru minimal 10 tahun terakhir

PERSYARATAN PENGUSUL

  • Pengusul adalah dosen/karyawan tetap dan aktif di Universitas Brawijaya.
  • Terbuka untuk semua jenjang golongan dan semua jenjang fungsional.
  • Diprioritaskan bagi pengusul yang belum pernah atau sedang menerima hibah serupa dari UB, misalnya Hibah Percepatan Guru Besar.

PENUTUP

Semoga program PHK Ketahanan Buku ini dapat meningkatkan reputasi universitas brawijaya dalam bidang publikasi karya ilmiah berupa buku ilmiah.  Dukungan dari semua pihak sangat diharapkan demi suksesnya penyelenggaraan Program Hibah Kompetisi Ketahanan Buku.

MEKANISME SELEKSI

Proposal dan naskah dari pengusul akan diseleksi oleh tim selector yang ditunjuk oleh Rektor UB dan dievaluasi berdasarkan persyaratan administrasi serta kriteria penilaian yang telah ditentukan. Seleksi dilakukan dengan menggunakan kriteria penilaian sebagai berikut:

No Komponen Persentase
1 Jenis buku (Ajar, Referensi, atau monograf) 15%
2. Kesiapan naskah 15%
3. Kelengkapan unsur isi sebuah buku teks 10%
4. Ruang lingkup dan kedalaman pembahasan 20%
5. Kecukupan dan kemutakhiran data/informasi, metodologi, dan kajian pustaka 20%
6. Khalayak pembaca buku 10%
7. Rekam jejak dosen/karyawan 10%
TOTAL 100%

 REVIEWER

Setelah naskah buku selesai, buku akan masuk pada tahap review. Penentuan nama reviewer didasarkan atas usulan dari penulis buku tersebut. Kriteria reviewer yang diajukan adalah:

  1. Minimal bergelar master
  2. Mempunyai ilmu sebidang, sehingga memahami tentang isi buku
  3. Bersedia untuk melakukan tugas review buku dengan waktu maksimal 2 (dua) minggu
  4. Disarankan sudah pernah menerbitkan buku
  5. Tidak ada perseteruan dengan penulis
  6. Track record di UB Press baik

Tugas reviewer adalah:

  1. Melakukan koreksi tulisan, isi buku pada tingkat konten, dan kesesuaian antara judul dan isi
  2. Memberikan penilaian atas konten buku
  3. Memberikan catatan dan saran demi kesempurnaan buku