Jenis Naskah

Penerbit UB Press adalah penerbit kampus yang menerima berbagai jenis naskah buku. Naskah – naskah kami tidak terbatas pada naskah buku ajar saja. UB Press mengklasifikasikan jenis naskah sebagai berikut:

  1. FIKSI
    Adalah buku yang substansinya tidak secara real. Segala sesuatu yang diungkapkan dalam naskah fiksi tidak dapat dibuktikan kebenarannya dalam kehidupan sehari-hari dan merupakan hasil rekaan. Naskah Fiksi yaitu naskah yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk novel, dan cerita pendek (cerpen). Karangan fiksi berusaha menghidupkan perasaan atau menggugah emosi pembacanya.
  2. NON FIKSI
    Adalah fenomena yang secara real terjadi, naskah buku yang substansi real factual. Naskah non fiksi yaitu naskah yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Tulisan non fiksi biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, skripsi, tesis, desertasi, makalah, dan sebagainya. Naskah non fiksi mempunyai tingkat objektivitas yang tinggi, berusaha menarik, dan menggugah nalar (pikiran) pembaca. Penerbit UB Press membagi naskah non fiksi ke dalam beberapa golongan, yaitu:

    • MONOGRAF
      Adalah  suatu tulisan ilmiah dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya hanya satu hal saja dalam suatu bidang ilmu. Monograf ini biasanya ditulis oleh seorang ahli / pakar pada bidang tertentu dan dan yang membaca juga seorang pakar (scientist to scientist). Isi tulisan harus memenuhi syarat – syarat sebuah karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan (novel/ies), metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka.
    • BUKU TEKS / REFERENSI
      Adalah suatu tulisan dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya pada satu bidang ilmu. Buku teks/referensi biasanya cakupan pembahasannya lebih luas dibandingkan dengan monograf. Isi tulisan harus memenuhi syarat – syarat sebuah karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan (novel/ies), metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka.
    • TRADE BOOK
      Adalah buku yang berisi tentang pengetahuan umum dan bisa dibaca oleh siapa saja (common knowledge).