Pelatihan Penulisan Buku Fiksi “Produktif dengan Menulis Fiksi”

Senin, 9 Desember 2013 UB Press mengadakan Pelatihan Penulisan Fiksi “Produktif dengan Menulis Fiksi”.  Acara ini dilaksanakan di Gedung Olahraga (GOR) Pertamina UB mulai pukul 08.00 – 13.00 WIB. Acara ini dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis UB yang ke – 51 dan juga sebagai program tahunan UB Press dalam rangka menjaring penulis potensial di lingkungan UB. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor UB, Prof. Dr. Yogi Sugito. Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan acara inti yaitu presentasi dari pemateri yaitu, Yusri Fajar (Dosen dan penulis novel “Surat dari Praha”). Pada presentasinya beliau memberikan tips tentang menulis buku fiksi. Menurut beliau, ada 6 (enam) poin penting dalam menulis buku fiksi yaitu: 1) Ide merupakan bagian yang penting dalam eksplorasi awal sebuah cerita; 2) Penggerak cerita/tokoh; 3) Konflik dan tantangan; 4) Alur/plot; 5) Latar tempat dan waktu cerita; 6) Cara bercerita/sudut pandang.

Pelatihan Penulisan Fiksi ini semakin meriah ketika memasuki sesi kedua, yaitu presentasi dari Ahmad Fuadi (Pengarang novel trilogi Negeri 5 Menara). Antusiasme peserta yang mayoritas adalah mahasiswa UB sangat tinggi. Para peserta tampak menyimak betul tentang apa yang disampaikan oleh Ahmad Fuadi, yang memang sudah sangat berpengalaman di bidang penulisan buku fiksi. Dalam presentasinya, Ahmad Fuadi mengatakan bahwa semua orang bisa menulis seperti halnya bisa bicara dan berjalan. Menulis buku bernuansa fiksi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya saja dengan membuka kembali buku diary, melihat – lihat album foto, dan meminta bantuan dari keluarga untuk megulas kembali cerita masa lalu kita.

Acara semakin meriah ketika memasuki sesi tanya jawab. Peserta tidak mau menyia – nyiakan kesempatan untuk bertanya langsung kepada pakarnya. Ditambah pula, Ahmad Fuadi membuka kesempatan kepada para peserta untuk membuat mention ke twitter @fuadi1 dengan hashtag #ubpress. Peserta dengan mention paling menarik akan mendapatkan novel Ranah 3 Warna plus tanda tangan langsung dari penulis. Di akhir acara, acara ditutup dengan pemberian souvenir dari UB Press kepada para narasumber dan diiringi oleh live music dari Homeband FIA UB.

 

Suasana Pelatihan di GOR Pertamina

file materi dapat diunduh disini :
http://ubpress.ub.ac.id/materi-pelatihan-penulisan-buku-fiksi-produktif-dengan-menulis-fiksi/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *