UB Press Ikuti Diklat dan Sertifikasi Editor Naskah

Jakarta, 20-22 Februari 2018, UB Press mengirim staf bagian editor untuk mengikuti Diklat dan Sertifikasi Editor Naskah, yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional (LSP PEP), agar bisa memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Adapun yang menjadi Master Assesornya adalah Bambang Trimansyah (penulis dan editor profesional). Turut hadir para senior di bidang penerbitan untuk mengasah ketajaman mata para editor, di antaranya adalah: Dr. Bambang Wasito Adi, dan Drs. Frans Parera.

4

Diklat dan sertifikasi ini sebagai suatu bentuk respons terhadap Program Indonesia Kompeten yang digagas oleh Pemerintah, agar para editor dapat berkontribusi dalam mempersiapkan buku-buku yang bermutu bagi masyarakat. Karena Indonesia memerlukan para editor yang andal, dan kompeten dalam mengedit naskah, sehingga nantinya penerbit dapat menghasilkan buku-buku yang bermutu guna mencerdaskan bangsa.

Selain itu, sertifikasi editor ini berguna untuk pengembangan profesi editor, karena kebutuhan tenaga-tenaga profesional di bidang penerbitan yang bersertifikat merupakan amanat dari UU No. 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan (Sisbuk). Sehingga kebutuhan buku yang bermutu, murah, dan merata bagi seluruh masyarakat Indonesia bisa terpenuhi. [Ali].

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *