UB Press Ikuti Mukernas Ke-3 APPTI 2017

indexGus Ipul atau Saifullah Yusuf sedang membuka acara Mukernas APPTI ke-3, Jumat (6/10)

UB Press yang merupakan anggota Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi (APPTI) selalu aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh asosiasi. Salah satunya adalah dengan turut serta menjadi salah satu anggota Musyawarah Kerja Nasional ke-3 APPTI yang diselenggarakan di Universitas Airlangga Surabaya pada tanggal 6-8 Oktober 2017. Acara yang mengambil tema “Peran APPTI dalam Memformulasikan Perkembangan Demokrasi Indonesia” ini membahas beberapa topik terkait perkembangan Demokrasi di Indonesia dan Hubungannya dengan Dunia Penerbitan Buku. Acara yang dibuka dengan dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf ; Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc., Wakil Rektor IV Unair, dan beberapa instansi di lingkungan Provinsi Jawa Timur ini diikuti oleh 80 peserta yang berasal dari seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Di sela acara, Dirjen Dikti, Patdono menyampaikan bahwa Kementerian Ristek Dikti memberi apresiasi terhadap APPTI yang telah hadir di tengah-tengah kehidupan kampus untuk terus memotivasi dosen untuk menulis buku. Selain itu, Gus Ipul, panggilan akrab Syaifullah Yusuf, menyampaikan bahwa dari penerbit perguruan tinggi inilah banyak muncul ide dan gagasan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang bisa disampaikan dalam bentuk buku.

Acara Mukernas yang berlangsung selama 3 hari ini berjalan cukup menarik karena diisi dengan beberapa seminar tentang Demokrasi, yang salah satunya diisi oleh Daniel Sparingga, mantan staf khusus kepresidenan bidang politik. Diskusi di bidang buku juga sangat menarik karena dibahas juga tentang UU Sistem Perbukuan yang baru disahkan. Diskusi ini dipimpin oleh Dr. Bambang Wasito Adi, SH., M.Sc. , beliau adalah dosen UNS dan juga penulis Bambang Trimansyah. Selain menjadi ajang silaturahim antar penerbit perguruan tinggi di Indonesia, acara Mukernas ini juga menjadi ajang diskusi yang menarik guna menemukan format penerbit perguruan tinggi yang ideal. (bin)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *