UB Press Adakan Temu Penulis 2017

indexPeserta Temu Penulis UB Press 2017 beserta Direktur dan Wakil Direktur UB Press, Prof. Dr. Ir. Trinil Susilawati, MS., dan Dr. Ussy Andawayanti, MS.

UB Press mengadakan acara Temu Penulis 2017 di Ruang Seminar Lantai 5 Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya pada Selasa (26/9) kemarin. Acara tahunan UB Press ini bertujuan sebagai wadah dengar pendapat dan tukar pikiran antara UB Press dengan para penulisnya. Temu penulis yang kali ini bertajuk “Meningkatkan Peran Penulis dalam Mendongkrak Popularitas Buku” menyoroti tentang efektifitas bauran pemasaran dengan melibatkan peran penulis.

Seluruh dosen penulis yang telah menulis buku di UB Press mendapatkan rekap laporan penjualan bukunya di setiap tahun. Berbekal laporan penjualan tersebut penulis bisa mengetahui sejauh mana bukunya beredar, terjual dan terserap di pasaran. Jika ada yang merasa penjualan bukunya masih kurang atau belum terserap dengan baik di pasaran, disitulah diharapkan penulis bisa turut mempromosikan produk buku mereka. Misalnya, dengan sosialisasi buku di forum ilmiah atau pengenalan buku ke mahasiswa, dll.

Pada temu penulis ini juga muncul saran, kritik dan tanggapan dari para penulis terhadap pelayanan UB Press. Diantaranya adalah soal SDM UB Press yang disarankan agar sebaiknya memiliki juklak layanan yang tertulis yang bisa setiap saat diinformasikan kepada calon penulis yang membutuhkan pelayanan. Juga saran untuk memperluas lagi jenis buku yang diterima untuk diterbitkan, yaitu ditambahkan kembali penerimaan jenis buku fiksi. Sebagai catatan, pada tahun 2017 UB Press mempunyai kebijakan untuk hanya menerima jenis buku non-fiksi yang berupa buku ajar, referensi, dan monograf. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang juga membuka penerimaan buku fiksi. Hal ini didasari oleh maksud untuk memperbanyak lagi literatur-literatur buku ajar, referensi, dan monograf dari dosen penulis agar dapat digunakan dan dimaksimalkan pemanfaatannya untuk kegiatan perkuliahan di kelas (jem).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *