UB Press menghadiri Acara Sosialisasi Akreditasi Penerbit Ilmiah

Suasana Sosialisasi Akreditasi Penerbit Ilmiah di Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan LIPI, Rabu (8/3)

Rabu, 8 Maret 2017, UB Press mengikuti Sosialisasi Akreditasi Penerbit Ilmiah yang diadakan di Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan LIPI. Kegiatan ini dilaksankan setelah dikeluarkannya Peraturan Kepala LIPI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Pedoman Akreditasi Lembaga Penerbit Ilmiah. Tujuan dari pemberlakuan peraturan ini adalah untuk meningkatkan kualitas penerbitan buku ilmiah sesuai dengan standar dan kaidah yang ditetapkan.

Acara ini dihadiri oleh penerbit-penerbit yang ada di Indonesia, mulai dari penerbit swasta hingga penerbit instansi. Acara ini diisi oleh Wakil Kepala LIPI, Prof. Dr. Bambang S., M.Sc. dan Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan LIPI, Prof. Dr. Ir. Dwi Eny Djoko Setyono, M.Sc. Wakil Kepala LIPI menyampaikan bahwa saat ini banyak usaha penerbit ilmiah yang tidak memiliki standar baku dalam menerbitkan hasil penelitian, baik dilihat dari sisi persyaratan administrasi maupun substansi. Konsentrasi penerbit hanya tertuju pada proses mencetak buku, namun lupa memperhatikan substansi buku itu sendiri, sehingga proses penelaahan terabaikan. Oleh karena itu LIPI sebagai Instansi Pembina Jabatan Fungsional Peneliti mengeluarkan peraturan terkait akreditasi lembaga penerbit ilmiah, sehingga hasil penelitian yang diterbitkan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Setelah pengarahan dari Wakil Ketua LIPI, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Kepala Pusbindiklat LIPI tentang Kebijakan Akreditasi Penerbit Ilmiah dan dilanjutkan dengan pemaparan secara teknis oleh Kepala Bidang Penilaian dan Akreditasi Pusbindiklat LIPI. Pada saat acara Sosialiasi Penerbit Ilmiah ini juga disampaikan tentang tata cara untuk mendapatkan Akreditasi, hak dan kewajiban penerbit untuk mendapatkan akreditasi. Penerbit yang mendapatkan akreditasi sebagai penerbit ilmiah berhak untuk mencantumkan logo KNAPI (Komite Nasional Akreditasi Ilmiah) di cover buku-buku terbitannya, menerbitkan buku sesuai lingkup, dan mencantumkan status akreditasi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *