UB Press Menghadiri Musyawarah Nasional (MUNAS) Ke-2 Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi (APPTI) di ITB Bandung

UB Press menghadiri Musyawarah Nasional (MUNAS) Ke-2 Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi (APPTI) di ITB Bandung, 23 – 24 Oktober 2015

 

Munas ke-2 Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI) yang diselenggarakan di Aula Timur ITB-Bandung selama dua hari, mengambil tema: Revitalisasi (Eksistensi) Penerbitan Perguruan Tinggi di Indonesia. Pada hari pertama (Jum’at, 23 Oktober 2015) acara Munas diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia Prof. Dr. Ir. Yahdi Zaim, beliau mengucapkan terimakasih atas kehadiran para undangan dan anggota APPTI dari berbagai perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Umum APPTI 2011 – 2015 Prof. Dr. Ismudiono, drh., MS., beliau berharap agar APPTI ke depan dapat lebih maju dan mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia perbukuan di Indonesia.

 5

            Kemudian acara dibuka oleh Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA. Dalam sambutannya beliau memaparkan bahwa: Peranan penerbit perguruan tinggi sebagai agen perubahan, sumber atau agen perubahan yang istimewa adalah pengetahuan yang dimiliki sumber daya insan. Melalui pengetahuan, perubahan yang terjadi akan membawa pencerahan, melampaui batasan-batasan yang ada. Dan buku merupakan suatu media pengembangan pengetahuan yang paling utama, karena buku adalah hasil olahan pikiran para penulis, yang kemudian diolah oleh tangan-tangan terampil dari para penerbit.

6

            Acara Munas dilanjutkan dengan diskusi seputar penerbitan dan pemasaran buku oleh Himat Kurnia, Direktur Agromedia Pustaka, Jakarta. Beliau memaparkan bahwa: Pemasaran dan peluang bisnis penerbit perguruan tinggi di Indonesia sangat terbuka, oleh karena itu perlu melakukan perubahan strategi dalam memasarkan buku-buku perguruan tinggi kepada masyarakat, maka perlu dibentuk distributor bagi para penerbit perguruan tinggi, agar bisa memasarkan dan menjual buku-buku terbitan para anggta APPTI. Di samping itu pengaruh digitalisasi terhadap buku-buku juga sangat besar, sehingga akan mempengaruhi pasar buku. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah para pakar yang mau dan bisa menulis untuk keberlangsungan penerbit. Selama informasi dan pengetahuan dibutuhkan oleh masyarakat, maka kelangsungan penerbit juga akan tetap berlanjut.

7

            Kemudian acara dilanjutkan dengan persiapan pelaksanaan pemilihan ketua umum APPTI periode 2015-2019, dan pembahasan tentang seputar tata tertib pemilihan dan pembahasan tentang perubahan AD dan ART APPTI, yang dipimpin oleh Dr. Jazim Hamidi, SH., MH., selaku ketua II APPTI bidang organisasi. Kemudian dibentuk tim formatur yang terdiri dari masing-masing korwil dan berbagai unsur yang telah berperan dalam terbentuknya APPTI, tim formatur ini bertugas untuk memilih ketua umum APPTI masa bakti 2015 – 2019.

Pada hari kedua (Sabtu, 24 Oktober 2015), acara diawali dengan laporan pertanggungjawaban pengurus APPTI tahun 2011 – 2015, yang dilanjutkan dengan pandangan umum peserta Munas terhadap laporan pertanggungjawaban pengurus APPTI 2011 – 2015.

8

            Dan puncaknya adalah pemilihan ketua umum APPTI 2015 – 2019, dari hasil rapat tim formatur dengan berbagai pertimbangannya, di antaranya adalah domisilinya berada di daerah Jakarta, maka terpilihlah Dr. Ricardi S. Adnan, dari UI Press, sebagai ketua umum APPTI masa bakti 2015 – 2019.

9

10

11

            Beliau diberi waktu 1 – 2 bulan untuk membentuk struktur organisasi APPTI pusat, dan nanti pada bulan Februari 2016 akan diadakan Mukernas APPTI di korwil Yogyakarta, yang akan membahas tentang program kerja APPTI ke depan. Selamat Bekerja kepada Dr. Ricardi S. Adnan, kami dari UB Press percaya terhadap dedikasi anda dan kami juga mendukung program dan langkah kerja nyata APPTI ke depan. [ali].

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *