UB Press Gelar Acara Temu Reviewer UB Press 2015

UB Press Gelar Acara Temu Reviewer UB Press 2015

DSC07445

Foto 1. Peserta mengikuti rangkaian acara Temu Reviewer UB Press 2015 di Ruang Pertemuan, Gedung Perpustakaan UB, Selasa (30/06)

UB Press menggelar acara Temu Reviewer 2015 pada Selasa (30/06) di Ruang Pertemuan Utama Gedung Perpustakaan UB dengan tajuk “Membangun Sistem Review Berbasis Digital”. Temu reviewer ini bertujuan untuk mewadahi aspirasi dan berbagi pengalaman para reviewer yang selama ini mereview naskah buku di UB Press, mengingat UB Press memiliki kebijakan baru tentang sistem review naskah. Reviewer yang dulunya ditunjuk dekan per fakultas, kini sudah ditentukan melalui sistem reviewer tetap. Pemilihan reviewer tetap UB Press disahkan melalui SK Rektor no.155 tahun 2015 tentang Pengangkatan Reviewer Tetap UB Press.

DSC07462

Foto 2. Ketua UB Press saat ini, Dr. rer. Nat. Abdurrouf, S.Si., M.Si dan Ketua UB Press periode sebelumnya, Dr. Jazim Hamidi, S.H., M.H sedang berdiskusi dengan para reviewer (30/06)

Acara ini dihadiri oleh Chief Executive Editor UB Press, Prof. Dr. dr. Edi Widjajanto, Sp.PK (K) dan Ketua UB Press periode sebelumnya, Dr. Jazim Hamidi S.H., M.H, yang juga bertugas sebagai pemateri. Keduanya menyajikan materi tentang Konsep Reviewer untuk Naskah Ilmiah dan Membangun Sistem Review Berbasis Digital. Selain dua materi tersebut, Tim Pengembangan Digital UB Press turut menyampaikan presentasi dan tutorial tentang Sistem Informasi Penerbitan (SIP) Berbasis Digital. Kurang lebih ada 39 anggota tim reviewer tetap UB Press dari 14 fakultas di UB yang hadir mengikuti temu reviewer kali ini.

DSC07459

Foto 3. Salah satu reviewer tetap UB Press, Prof. Dr. Ir. Trinil Susilawati, M.S turut serta dalam sesi tanya jawab (30/06)

Diskusi yang muncul pada temu reviewer ini antara lain usulan tentang: pertimbangan membuka identitas antara reviewer dengan penulis (open review), peninjauan kembali tentang kebijakan jumlah cetakan buku untuk penulis, serta, pengadaan tim khusus yang membantu aspek kebahasaan dan teknis penulisan naskah buku. Beberapa peserta juga memberikan tanggapan dan masukan terhadap presentasi tentang SIP UB Press, diantaranya adalah usulan untuk menambah instrumen pengingat dan status kesediaan reviewer mereview naskah pada website SIP. Materi pada acara Temu Reviewer ini dapat diunduh pada link berikut:

Konsep Reviewer Untuk Naskah Ilmiah_Edi Widjajanto

Membangun Sistim Review_Jazim Hamidi

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *