Sosiolinguistik

SOSIOLINGUISTIK barcode

Judul Buku : Sosiolinguistik

Penulis : Warsiman

Penerbit : Universitas Brawijaya Press

Cetakan : I, September 2014

Tebal : 108 halaman

ISBN : 978-602-203-673-9

Harga Buku : Rp 44.000

Kebutuhan komunikasi adalah mutlak bagi tiap manusia karena komunikasi lah salah satu elemen interaksi yang paling penting. Komunikasi membutuhkan bahasa yang dipahami oleh para peserta komunikasi untuk bertukar makna. Banyaknya jumlah dan jenis bahasa yang diciptakan manusia tentunya menimbulkan persoalan tersendiri ketika orang dengan latar belakang bahasa dan budaya berkomunikasi dengan orang lain dengan bahasa dan budaya yang berbeda.

Buku sosiolinguistik karya Warsiman ini hadir untuk membahas soal komunikasi lintas budaya dan cara meminimalisir miskomunikasi yang terjadi antara partisipan komunikasi yang berbeda latar belakang budayanya. Membaca buku ini bisa membuat kita mengerti bahwa memahami perilaku dan gaya bahasa orang lain itu adalah penting. ketika kita berbicara dengan orang lain, unsur kesantunan berbahasa, cara, dan waktu kita menyampaikan ujaran kita juga amat penting untuk mencapai komunikasi yang efektif dan tepat.

Pada bab awal buku ini, penulis menjabarkan tentang kompetensi sosiolinguistik dan pembelajaran bahasa, bahwa kompetensi sosiolinguistik dapat dicapai saat seseorang itu bisa memilih dan menggunakan bahasa dengan tepat sesuai aturan. Selain itu, penulis juga menjabarkan tentang ragam kompetensi komunikatif, dan aspek-aspek dalam kompetensi sosiolinguistik. Pada bab selanjutnya, Warsiman menjelaskan tentang fungsi ujaran, kesantunan berbahasa, komunikasi lintas budaya dan implementasi dalam pembelajaran bahasa. Pada bab ini pembaca bisa mengetahui bahwa pemahaman aspek-aspek kebahasaan itu sungguh sangatlah penting untuk menjalin komunikasi yang tepat.

Selanjutnya, buku ini juga membahas soal variasi bahasa di masyarakat, sikap bahasa dan pergeseran bahasa, dialek dan kaitannya dengan konsep kesemestaan sosiolinguistik, perubahan bunyi dan bentuk serta makna dalam bahasa Indonesia, dan kedwibahasaan-alih kode-dan campur kode. Untuk buku seukuran 108 halaman, buku ini cukup jelas memaparkan beberapa konsep kebahasaan. Pembahasannya cukup ringkas dan tidak bertele-tele sehingga pembaca mudah menarik esensi dari tiap bab yang ada. Dalam tiap bab juga dilengkapi dengan simpulan yang berisi intisari bahasan per bab dan contoh-contoh penggunaan kata atau kalimat dalam ragam penggunaan bahasa. Buku ini sangat layak dibaca oleh para pemerhati bahasa, pengajar bahasa, mahasiswa jurusan bahasa, maupun masyarakat umum untuk meningkatkan kompetensi berbahasa mereka.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *