B3-1 Metrologi Kelistrikan Untuk Besaran Arus dan Tegangan

b31

Judul Buku     : B3-1 Metrologi Kelistrikan Untuk Besaran Arus dan Tegangan

Penulis            : Hadi Sardjono

Penerbit           : Universitas Brawijaya Press

Cetakan           : I, Maret 2014

Tebal               : 106 halaman

ISBN              : 978-602-203-621-0

Harga Buku    : Rp 72.700

Buku ini merupakan buku ajar tentang kelistrikan yang berbasis pada praktek nyata di lapangan yang memfokuskan diri pada pembahasan metrologi kelistrikan untuk besaran arus (ampere) dan tegangan (volt). Arus dan tegangan adalah dua cabang metrologi kelistrikan yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Secara teoritis, metrologi arus dan tegangan listrik sendiri didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang pengukuran besaran listrik arus dan tegangan yang direalisasikan antara instrumen listrik sumber arus atau tegangan standar dengan instrumen listrik meter arus atau tegangan UUC (Unit Under Calibration, yang hasilnya berupa nilai rentang dan nilai ketidakpastian (halaman 1).

Arus dan tegangan listrik digunakan sebagai besaran tegangan listrik AC (Alternating Current) dan DC (Direct Current) dalam peralatan listrik. Tepatnya besaran arus dan tegangan ini  harus melalui pengukuran yang benar dengan menggunakan sistem kalibrasi. Sistem kalibrasi yang digunakan juga harus sesuai dengan sistem kalibrasi Internasional. Sistem kalibrasi tersebut harus melewati program kemetrologian yang disebut dengan komparasi. Sebagian isi buku ini menyajikan tentang analisis validasi kompetensi dari komparasi yang harus dilakukan dengan memahami terlebih dahulu beberapa komponen yang terkait.

Penulis buku ini yang merupakan peneliti di Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumenasi dan Metrologi LIPI, menguraikan secara ringkas tentang pengertian dasar dari metrologi arus an tegangan listrik beserta bagan ketertelusurannya, satuan ukuran arus dan tegangan listrik beserta definisi dan realisasi fisiknya, komponen analisis data kalibrasi yang meliputi satuan turunan kelistrikan, penerapan konsep angka bermakna, dan format hasil kalibrasi.

Selain itu, penulis juga membahas tentang kalibrasi besaran kelistrikan yang meliputi beberapa aspek seperti sinyal arus dan tegangan listrik, parameter arus dan tegangan listrik, instrumen arus dan tegangan listrik, prinsip dasar sistem kalibrasi besaran kelistrikan, metode kalibrasi besaran kelistrikan serta hasil kalibrasi bidang kelistrikan menurut standar internasional yang dilengkapi dengan bagan ketertelusuran di bidang metrologi, termasuk yang diterapkan di Puslit KIM LIPI.

Menariknya dari buku ini adalah penyajian contoh-contoh kasus kalibrasi pada instrumen listrik yang dijelaskan secara singkat dan padat agar mudah dipahami oleh pembaca. Diantaranya adalah digital multimeter (DMM), data untuk penghitungan rata-rata dan deviasi standar tegangan, pengkalibrasian sebuah DMM 6,5 digit pada rentang AC 1 volt, dll. Visualisasi penjelasan melalui gambar, bagan, dan tabel dalam buku ini juga sangat membantu pembaca. Melalui buku ini, pembaca diharapkan mampu merancang sistem kalibrasi dan mengidentifikasi ketidakpastian kalibrasi dengan baik (ajm).

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *