Musyawarah Kerja Nasional II Asosiasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI)

Mukernas APPTI II pada 29 – 30 November 2013 di Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) Jakarta, dengan tema “Profesionalisme Penerbit Perguruan Tinggi dalam Rangka Persiapan Indonesia Menjadi Geust of Honour Frankfur Book Fair 2015” diikuti oleh 155 orang Pimpinan APPTI. Mukernas dibuka oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., dalam sambutannya yang bertemakan “Peran Penerbit Perguruan Tinggi dalam Pengembangan Kompetensi Dosen” beliau menekankan betapa pentingnya peranan penerbit perguruan tinggi dalam pengembangan ilmu pengetahuan demi kemajuan perguruan tinggi itu sendiri, serta para dosen yang mengajar diingatkan untuk giat menulis buku maupun karya ilmiah, beliau juga mengingatkan kepada para dosen supaya jangan pernah melakukan plagiat dalam penulisan karya ilmiah karena pasti ketahuan, jangan dikira buku yang dikirim ke Dikti tidak dibaca dan direview oleh pihak Dikti, dengan begitu ketatnya proses review dari Dikti, maka pada tahun 2013 ini ditemukan banyak tulisan dosen dari beberapa perguruan tinggi yang ada unsur plagiat di dalamnya.

Kemudian nara sumber selanjutnya adalah Dr. Bambang Wasito Adi, SH., M.Sc. dari Polimedia, dengan materi “Rancangan Persiapan Guest of Honour (GoH) Indonesia di Frankfurt Book Fair 2015″ beliau memaparkan tentang peran aktif dan kerjasama yang baik antara Pemerintah Indonesia, IKAPI, APPTI dan para peserta FBF, demi suksesnya acara GoH FBF 2015.

Nara sumber selanjutnya adalah Dr. Elang Ilik Martawijaya, MM., dari Institut Pertanian Bogor Press (IPB Press), dengan materi “Success Story IPB Press dan Tantangan Dunia Penerbitan dalam Era Digital”. Beliau memaparkan bagaimana peranan teknologi digital dalam penerbitan sekarang. Kemudian dilanjutkan dengan nara sumber berikutnya yaitu Dr. Jazim Hamidi, SH., MH., dari Universitas Brawijaya Press (UB Press), beliau memaparkan tentang bagaimana mengelola organisasi penerbitan yang berbasis pada ISO. Di samping menampilkan para nara sumber inti masih ada beberapa nara sumber lain, misalnya dari Fuji Xerox, dan Gramedia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sidang komisi, terdiri dari tiga kelompok. Kelompok pertama membahas tentang Program Kerja APPTI 2014, kelompok kedua membahas tentang Organisasi APPTI, sedangkan kelompok ketiga membahas tentang Persiapan APPTI dalam menyongsong Indonesia sebagai Guest of Honour FBF 2015. Dan diteruskan dengan sidang pleno untuk memutuskan hasil rapat dari masing-masing komisi.

Di antara putusan rapat pleno APPTI II sebagai berikut:

  • Pada tahun berikutnya Panitia menetapkan Mukernas akan berubah menjadi Munas, yang menjadi tuan rumah untuk Musyawarah Nasional APPTI berikutnya adalah Institut Teknologi Bandung Press (ITB Press) yang bertempat di Bandung.
  • Pembuatan laman web/website APPTI yang dinahkodai oleh IPB Press.
  • Pengembangan organisasi APPTI untuk seluruh wilayah Indonesia, dengan menetapkan koordinator wilayah pada tiap-tiap propinsi, yang ketetapannya nantinya akan diputuskan oleh Ketua Umum APPTI.
  • Untuk mensukseskan Indonesia menjadi Guest of Honour FBF 2015, APPTI akan berkoordinasi secara intensif dengan IKAPI Pusat, dan Pemerintah, serta pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Tentang peranan apa yang diambil oleh APPTI.
  • Anggota APPTI diharapkan banyak yang mengikuti pameran buku pada FBF 2014 di Jerman, dan lebih-lebih lagi pada GoH FBF 2015.


Dirjen Diki, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., memberikan sambutan.

 

 


Dirjen Diki, Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., membuka Mukernas APPTI II.

 

 

 Dr. Bambang Wasito Adi, SH., M.Sc. dari Polimedia.

 Dr. Elang Ilik Martawijaya, MM., dari IPB Press.

 

 Dr. Jazim Hamidi, SH., MH., dari UB Press.

 

Selain acara inti, dalam Mukernas APPTI II ini juga diadakan pameran buku yang diikuti oleh masing-masing penerbit anggota APPTI, sebagai anggota aktif, UB Press juga ikut dalam pameran buku tersebut dalam rangka mensemarakkan acara. Yaitu dengan menghadirkan beberapa buku terbitannya.

 



Stand Pameran
UB Press.



Ketua UB Press, Dr. Jazim Hamidi, SH., MH., memberikan buku kepada Dirjen Dikti Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc., di depan stand pameran UB Press.

 


 Foto bersama anggota APPTI sebagai penutup acara Mukernas.

 


 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *