Seminar Nasional Penulisan Karya Tulis ilmiah Menjadi Buku

Sesuai dengan misi UB Press yang salah satunya berbunyi “Mendorong tumbuh dan berkembangnya budaya membaca, meneliti, dan menulis di kalangan sivitas akademika UB”, UB Press menyelenggarakan Seminar Nasional Penulisan Buku “Mengubah Karya Ilmiah Menjadi Buku: Jalan Menuju Keabadian Ilmupada hari Rabu  4 Desember 2013 di Hall Majapahit Hotel Santika, Malang. Seminar ini bertujuan memberikan “pencerahan” kepada kalangan akademisi Universitas Brawijaya untuk mulai tergerak menulis buku, bukan hanya karya tulis ilmiah untuk kepentingan akademis. Hal ini disebabkan masih banyak para akademisi yang belum memahami format buku ilmiah populer seperti apa.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Ketua UB Press, Dr. Jazim Hamidi, SH., MH. Dilanjutkan sambutan oleh Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito. Tidak ketinggalan pula perwakilan dari IKAPI Jawa Timur yaitu  Prof. Dr. Bambang Banu Siswoyo, MM yang memberikan sambutan. Seminar Nasional Penulisan Buku ini diisi oleh 2 narasumber yang telah berpengalaman dalam menulis dan menerbitkan buku yaitu Prof. Dr. Ir. Ika Rochdjatun yang merupakan Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya dan penulis buku-buku ilmiah populer serta Bambang Trimansyah yang merupakan Ketua Kompartemen Diklat Litbang Informasi IKAPI Pusat, penulis buku dan penggiat dunia tulis-menulis.

Seminar ini diikuti oleh 250 peserta dari kalangan dosen dan mahasiswa pasca/doktoral. Seminar ini menyasar dosen dan mahasiswa pasca/doktoral karena begitu banyaknya sumber tulisan dari kalangan akademisi berupa karya tulis ilmiah tapi hanya sedikit akademisi yang mampu meramu karya tulis tersebut menjadi sajian buku yang mudah dicerna dan dinikmati masyarakat secara umum.  Profesor Ika menyampaikan tentang pentingnya kalangan akademisi untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan yang dimiliki melalui sebuah karya buku. Beliau juga menyampaikan beberapa tips dan trik dalam menulis buku ajar. Sedangkan dari komporis buku, Bambang Trimansyah, menyampaikan teknis konversi karya tulis ilmiah menjadi buku ilmiah populer, bahwa buku itu tidak hanya karya tulis ilmiah yang dicetak namun telah melalui proses perubahan sesuai anatomi buku ilmiah populer.

Beberapa pertanyaan yang banyak diajukan oleh peserta antara lain tentang tips menulis buku tuntas dan konsisten, apakah buku “seri disertasi” ada, bagaimana sebuah buku dianggap plagiat dan masih banyak pertanyaan dari peserta yang cukup konstruktif mengenai penulisan buku.

100_2103 100_2105 100_2106 IMG_0501 IMG_0507 IMG_0603 IMG_0904

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *