Prinsip Dasar Bioinformatika

prinsip

Judul Buku     : Prinsip Dasar Bioinformatika

Penulis            : Fatchiyah

Penerbit           : Universitas Brawijaya Press

Cetakan           : I, Februari 2015

Tebal               : 126 halaman

ISBN              : 978-602-203-735-4

Harga Buku    : Rp 84.000

Perkembangan teknologi informasi yang sedemikian pesat telah mempengaruhi banyak hal, salah satunya di bidang ilmu biologi. Berkat didukung oleh kemajuan teknologi, biologi kini memasuki era kuantisasi atau Quantitative Biology ditandai dengan keberhasilan para ilmuwan membahasakan data-data biologi dengan matematika. Setelah dibahasakan, data-data biologi ini dapat dianalisis dan diolah untuk kepentingan penelitian.

Penelitian-penelitian di bidang biologi molekuler telah banyak dilakukan, salah satunya adalah penelitian genetika dimana DNA adalah titik utamanya. DNA mengandung material-material yang dapat menentukan karakteristik suatu organisme, baik manusia, tumbuhan atau hewan. Jika material-material DNA ini sudah diketahui, maka replikasi dari materi ini bisa dibuat secara artificial sehingga memungkinkan penanaman sifat DNA pada organisme-organisme yang berbeda di masa depan. Hal ini lalu melahirkan ilmu bioinformatika.

Bioinformatika didefinisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi (halaman 5). Bioinformatika memadukan penerapan metode matematika, statistika, dan informatika untuk memecahkan persoalan biologi, khususnya yang terkait dengan DNA. Contoh kajiannya antara lain tentang pengelolaan informasi hayati, penyejajaran urutan, prediksi struktur, analisis filogenetik, analisis ekspresi gen, dan manipulasi DNA.

Buku ini berisi pembahasan tentang bioinformatika dan elemen-elemen yang berada di dalamnya. Pembaca bisa mengetahui tentang proyek genom manusia, sumber informasi database, eksplorasi genebank database, piranti lunak analisis in silico, analisis penyejajaran dengan blast system, pensejajaran urutan DNA/protein, desain DNA primer untuk PCR dan peta enzim restriksi secara online, pemodelan struktur protein berbasis struktur kimia, analisis struktur protein 3 dimensi dan docking interaksi antar molekul, database publikasi, jalur metabolisme molekuler, dan metabolit sekunder, dan seputar tentang bioinformatika kedokteran. Pada bab-bab akhir penulis memaparkan bahasan tentang dampak kemajuan era biologi dalam kehidupan manusia dan cabang-cabang yang terkait dengan bioinformatika.

Walaupun masih ada kesalahan penulisan pada beberapa kata dan istilah, buku ini masih sangat layak dibaca, baik sebagai bahan ajar dalam pendidikan biologi maupun sebagai bahan bacaan reguler pembaca awam, karena di dalamnya juga menyertakan grafis-grafis yang cukup jelas dilihat dan cukup jelas menggambarkan pokok bahasan pada tiap bab pembahasan. Contohnya seperti pada bab penggunaan program bioedit dan clustal-X untuk pensejajaran urutan DNA/protein dimana penulis mencantumkan tangkapan layar tentang bagaimana mengoperasikan software bioedit. Pada beberapa bab dalam buku ini, juga dapat dijumpai latihan soal yang meskipun jumlahnya tidak banyak tetapi dapat membantu pembaca mengukur tingkat pemahaman mereka.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *