UB Press Adakan Temu Reviewer UB Press 2014

temu1
Suasana dialog pada Acara Temu Reviewer UB Press 2014 di Ruang Apple, UB Hotel, Selasa (14/10)

 

UB Press mengadakan acara Temu Reviewer UB Press pada Selasa (14/10) di Ruang Apple UB Hotel, Universitas Brawijaya Malang dengan tajuk “Membangun Sistem Review yang Efektif dan Bermartabat”. Temu reviewer ini bertujuan untuk mewadahi aspirasi dan berbagi pengalaman para reviewer yang selama ini mereview naskah buku di UB Press. “Acara ini sebagai share pengalaman di antara para reviewer biar ada solusi dari kendala-kendala yang dihadapi serta untuk meningkatkan kemampuan bersama dan untuk meningkatkan skill bersama,” ujar Ketua UB Press Dr. Jazim Hamidi, SH., MH. Dalam sambutannya.

Acara ini dihadiri oleh, Chief Executive Editor UB Press, Prof. Dr. dr. Edi Widjajanto, Sp.PK (K), MS., dan sejumlah reviewer perwakilan dari seluruh fakultas yang ada di Universitas Brawijaya. Ditunjuk sebagai pemateri adalah Prof. Dr. Thohir Luth, S.H., M.H. dan Dr. rer. nat. Abdur Rouf. Hasil dari pertemuan ini adalah ditemukannya beberapa poin terkait dengan apa-apa saja yang dihadapi dan dialami para reviewer di lapangan, antara lain: insentif reviewer yang dirasa masih cukup rendah, tidak ada komunikasi antara penulis dan reviewer (close review), dan bingungnya reviewer dengan arah orientasi buku terbitan UB Press.

Reviewer juga memberikan saran untuk kemajuan UB Press di masa datang, antara lain: diterapkan sistem open review dimana penulis dan reviewer saling mengetahui; naskah yang sudah direview harus diterbitkan sehingga kerja mereview para reviewer tidak sia-sia; aspek sistematika penulisan dan relevansi bab pada sistem penilaian buku harus diberi poin karena selama ini dua aspek tersebut tidak memiliki poin; menambahkan aspek ketajaman substansi penulisan naskah pada sistem penilaian buku; naskah harus melalui screening awal dulu melalui program plagiarisme sebelum diberikan ke reviewer, karena selama ini ditemukan ada 35% kecenderungan plagiarisme oleh penulis; mencarikan rujukan peraturan untuk diajukan ke Rektor terkait dengan policy UB Press yang akan menjadi pedoman UB Press; dan buku-buku UB Press dibagikan dalam event-event lokal / regional agar semakin banyak orang yang mengetahui UB Press (jem).

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *